Apa itu CDN Cloudflare Dan Cara Menggunakannya

Posted on

Sudahkah Anda mengetahui apa itu CDN ? Istilah CDN pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang saat ini mempelajari atau berhubungan dengan hosting dan website.

Teknologi ini banyak digunakan oleh pengelola/pengembang website untuk menjaga situs web tetap stabil dan aktif ketika ada masalah yang muncul. Salah satu sebagai contoh, Content Delivery Network (CDN) kegunaannya adalah untuk mempercepat loading website.

Fungsinya, memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lain-lain) dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses website Anda. Hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan respon suatu website ketika diakses.

Content Delivery Network ditujukan bagi sebuah website berskala besar dengan banyak konten. Meskipun demikian, sebenarnya semua website masih juga dapat menggunakan CDN untuk meningkatkan performanya.

Jika belum mengetahui banyak tentang CDN, di sini kita akan membahas mengenai apa itu CDN, mengapa website membutuhkan CDN dan cara menggunakannya CDN.

Jadi, Apa itu CDN?

Pengertian CDN atau Content Delivery Network adalah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Yang dilakukan oleh CDN adalah untuk meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokas terdekat yang paling memungkinkannya.

Mungkin Anda berpikir apabila Anda menggunakan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, menggunakan CDN tidak memiliki efek yang cukup berarti.

Padahal, tidak memperdulikan seberapa besar resource server yang Anda punyai, lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Katakanlah lokasi visitor berada di luar negeri contoh India, sedangkan server dari website Anda berada di US. Karena jarak antara lokasi visitor dan server, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama.

Tapi, dengan adanya server CDN ini di berbagai tempat belahan dunia(misalnya India, US, dan Singapura) proses pengiriman konten dapat lebih cepat. Jika visitor Anda berasal dari India, Maka CDN akan mengirimkan data dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan.

Mengapa Website Membutuhkan CDN?

web-membutuhkan-cdn

Dari apa saja yang telah admin jelaskan diatas, CDN tentu saja memberi mamfaat yang signifikan terhadap kecepatan loading pada sebuah website.

Hal ini tentu saja sangat baik untuk mengurangi waktu akses dan bandwidth, dan tentu saja mengurangi penggunaan disk di hosting yang Anda sewa, apalagi jika hosting tersebut bersifat shared hosting dengan adanya sistem maksimal penggunaan.

Keuntungan lain adalah manfaat langsung yang dirasakan pengguna website tersebut ketika mengaksesnya. Lebih sedikit kuota serta lama waktu menunggu konten yang tentunya sangat penting untuk kenyamanan penggunanya.

Bagian tambahannya, CDN juga berperan sebagai pemberi perlindungan tambahan kepada website itu sendiri dari hacker, malware, hingga segala jenis spam.

Bagaimana Cara Menggunakan CDN Cloudflare?

Inilah bagian intinya. Jika Anda sampai ke tahap ini maka admin asumsikan bahwa Anda sudah memutuskan untuk menggunakan CDN Cloudflare.

Ada 5 tahap mudah yang harus Anda aplikasikan, namun dalam artikel ini Anda perlu tahap tambahan. Semoga panduan menggunakan CDN Cloudflare ini dapat langsung Anda aplikasikan dan dengan manfaat seperti yang seharusnya.

1. Masuk ke website Cloudflare kemudian buat akun baru. Masukkan informasi yang dibutuhkan dan pastikan Anda menghapal semua informasi tersebut agar Anda dengan mudah dapat log in ke Dashboard akun Anda. Setelah semuanya sesuai, klik Create account now.

2. Di bagian selanjutnya masukkan URL website Anda. Pada bagian ini Cloudflare akan meng-scan website Anda selama selama beberapa menit. Tunggu prosesnya hingga selesai untuk proses selanjutnya. Klik Continue setelah scan selesai.

3. Pada proses selanjutnya Anda akan disajikan dengan daftar DNS terkini domain website Anda, termasuk subdomainnya. Apabilan Anda selama ini hanya dapat menggunakan nama domain saja agar dapat mengakses FTP, maka mulai dari sekarang Anda perlu menambahkan ftp di bagian depan, menjadi ftp.domainanda.com.FTP tidak perlu jika Anda menggunakan Blogspot/Tumblr/Medium/dsb. Perhatikan juga beberapa bagian yang mungkin penting untuk dicatat atau diubah. Apabila Anda sudah puas, maka klik ‘I’ve added all missing records, continue’

4. Pada bagian selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih paket CDN Cloudflare untuk website yang Anda daftarkan barusan. Pilih free jika Anda ingin menggunakan paket free.Di bagian Performance pilihlah CDN Only (safest), kemudian di bagian Security pilih Medium. Biarkan setting yang lain seperti adanya dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Bagian selanjutnya Anda akan diminta mengganti name servers Anda yang sebelumnya ke name servers yang diberikan oleh Cloudflare. Inilah bagian terpentingnya.Apabila Anda tidak menggunakan name servers Cloudflare maka tidak akan terjadi, ada dua name servers yang diberikan oleh Cloudflare.

6. Untuk menggantinya, masuk ke Dashboard tempat Anda mendaftarkan domain jika Anda menggunakan jasa penyedia domain dan hosting yang berbeda. Masuk pada bagian name servers kemudian ganti nameservers 1 dan 2 dengan name servers yang diberikan oleh Cloudflare.Nameservers 3 dan 4 kosongkan saja. Proses tersebut sama saja apabila domain serta hosting yang Anda gunakan berada pada bagian dalam satu akun dari penyedia yang sama.

7. Berikanlah Cloudflare waktu beberapa jam maksimal 24 jam agar name servers-nya terpointing sepenuhnya dan baik. Dari pengalaman saya, integrasi antara CDN Cloudflare dan domain hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Harus sabar menunggu.

8. Ketika sudah selesai terpointing, maka Anda bisa melihat data-data penting terkait trafik ke website Anda melalui Dashboard akun Cloudflare Anda.Anda juga dapat memulai menggunakan fitur gratis dari pihak ketiga yang dapat Anda langsungdiaktifkan dari Cloudflare.

Melakukan konfigurasi Content Delivery Network (CDN) pada sebuah website merupakan salah satu cara agar mempercepat loading blog dan mengurangi penggunaan resource pada waktu waktu yang bersamaan. Anda telah mempelajari apa yang dimaksud dengan CDN dan bagaimana mendapatkan manfaat dari fitur yang disediakan CDN gratis.

Selain itu, mengaktifkan CDN tidak memerlukan kemampuan coding, sehingga ini adalah solusi tepat bagi pengguna website pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Akhir kata, itulah ulasan mengenai dengan apa itu CDN, mengapa website membutuhkan CDN dan cara menggunakannya CDN. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dengan cara diatas dapat mengembangkan blog yang sedang Anda kembangkan.

Terima kasih sudah berkungjung di website kami, jangan lupa jika artikel diatas dapat dirasa bermanfaat share kepada semua teman-teman media sosial yang lain agar mereka juga mengetahui informasi tersebut.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *