dofollow-nofollow

Apa Itu Link Dofollow & Nofollow Pengertian & Manfaatnnya

Posted on

Pengembangan SEO untuk sebuah website atau blog akan menggunakan berbagai elemen. Semakin banyak elemen yang diintegrasikan pada website itu tentu saja memberikan pengaruh yang lebih maksimal. Salah satu elemen yang harus diperhitungkan biasanya dengan menempatkan link website atau blog kita di tempat lain. Hal ini tentu akan mempermudah akses dan pengenalan terhadap pengunjung lain dengan memperhatikan posisi dari website atau blog.

Semakin banyak kita menempatkan link itu maka semakin besar kemungkinan untuk mendapaktan peluang terhadap jumlah pengunjung. Namun, anda harus tahu bahwa tidak mudah untuk menempatkan link pada banyak blog. Kadang-kadang ada beberapa blog yang tidak mengijinkan kita. Elemen seperti ini lebih dikenal dengan metode link link dofollow dan nofollow.

Pengertian link dofollow dan nofollow

Untuk memaksimalkan fungsi dari link dofollow dan nofollow sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-masing elemen ini. Hal ini justru akan semakin memudahkan anda dalam mendapatkan hasil yang lebih baik untuk pengembangan SEO pada sebuah blog. Berikut ini rincian jelas tentang pengertian dari masing-masing elemen itu, seperti:

  1. Pengertian link dofollow

Link dofollow biasanya akan melibatkan sebuah blog dan integrasi dengan blog lainnya. Ini adalah sebuah istilah yang biasanya diberikan pada website atau blog yang mengijinkan pihak lain seperti pengunjung atau pemilik blog lain untuk menempatkan link di bagian komentar. Biasanya link seperti ini akan diterapkan secara terbuka oleh pemilik blog awal. Beberapa platform engine yang sering melakukan ini seperti wordpress dan blogspot. Penempatan link pada komentar ini akan menjadi sebuah backlink yang terintegrasi langsung oleh Google. Tentu saja semakin banyak anda menempatkan link pada kolom komentar maka hal itu akan semakin menguntungkan.

Banyak blogger atau publisher yang selalu mencari blog seperti ini. Hal ini memberikan keuntungan yang sangat besar pada pengembangan SEO. Apalagi jumlah backlink juga akan mempengaruhi posisi atau ranking dari blog atau website kita di search engine seperti Google. Backlink seperti ini akan menjadi pendukung dari SEO yang sangat ideal.

  1. Pengertian link nofollow

Link nofollow merupakan blog atau website yang tidak mengijinkan pihak lain atau pengunjung blog untuk menempatkan link pada kolom komentar. Beberapa pemilik blog seperti ini biasanya akan melakukan moderasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mempublikasikan seluruh komentar. Kadang-kadang pemilik dari blog juga akan menutup kolom komentar atau menghapus kolom yang biasanya digunakan untuk menempatkan link.

Pengaturan link nofollow juga bisa diaktifkan melalui sistem yang terintegrasi secara menyeluruh dari sebuah website atau blog. Bila anda menempatkan link pada blog yang masuk dalam kategori link nofollow maka itu tidak akan menjadi sebuah backlink. Bahkan, Google akan menganggap bahwa link yang ditempatkan pada website itu sebagai spam.

Kelebihan link dofollow dan nofollow

kelebihan-link-dofollow

Penerapan dari pengaturan ini memang memiliki kelebihan. Biasanya kelebihan seperti ini juga akan mempengaruhi pengembangan SEO yang dibutuhkan oleh website atau blog. Berikut ini ada beberapa kelebihan link dofollow dan link nofollow yang patut diperhitungkan seperti:

  1. Kelebihan link dofollow

Ada banyak kelebihan dari blog yang memiliki pengaturan link dofollow. Beberapa diantaranya seperti menaikkan trafik pengunjung. Banyak publisher atau blogger yang akan mencoba untuk menempatkan link di website anda. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena ada banyak pengunjung yang akan meninggalkan pesan di kolom komentar. Selain itu, anda juga akan mendapatkan jumlah komentar yang terus bertambah pada saat memposting sebuah artikel. Cara seperti ini juga dilakukan dengan sangat ideal untuk meningkatkan jumlah trafik. Semakin banyak jumlah pengunjung atau peningkatan trafik maka hal ini akan mempengaruhi posisi dari pagerank blog atau website anda. Ini akan menjadi keuntungan yang lebih baik dalam SEO.

  1. Kelebihan link nofollow

Link nofollow yang diterapkan untuk sebuah blog atau website juga memiliki kelebihan. Hal ini biasanya akan berdampak sangat baik bagi posisi di search engine seperti Google. Blog atau website seperti ini tentu saja akan memberikan pengaruh posisi yang baik untuk Google. Selain itu, pengaturan ini juga menghindari kategori spam yang terlalu berlebihan pada blog itu. Anda harus tahu bahwa penerapan pengaturan ini juga dianggap akan membuat trafik dari blog lebih stabil karena berasal dari mesin pencari seperti Google. Anda juga bisa membatasi link yang berasal dari luar atau dengan mudah menggunakan link yang berasal dari anda sendiri.

Kekurangan link dofollow dan nofollow

Anda juga bisa mempertimbangkan kekurangan dari penerapan pengaturan link dofollow dan nofollow untuk sebuah blog. Kekurangan seperti ini harus menjadi pertimbangan dalam menentukan arah pengembangan SEO yang ideal bagi website atau blog anda. Apalagi kekurangan dari elemen ini baisanya digunakan agar melakukan perubahan dari beberapa sudut pandang. Berikut ini ada beberapa kekurangan dari penerapan link dofollow hingga link nofollow, seperti:

  1. Kekurangan link dofollow

Hal yang paling mencolok dari penerapan link dofollow dalam sebuah blog adalah jumlah komentar yang terlalu berlebihan. Selain itu, cara seperti ini juga akan menimbulkan anggapan dari Google bahwa blog anda terlalu banyak mengandung spam yang berbahaya. Bahkan, beberapa waktu juga search engine seperti Google juga akan kesulitan untuk melakukan index terhadap konten yang dimiliki oleh blog. Kemudahan pengunjung saat meninggalkan komentar membuat topik dari komentar kadang-kadang tidak sesuai dengan pembahasan artikel. Beberapa kasus yang cukup menjadi pusat perhatian bahwa semakin banyak link yang terdapat di blog itu biasanya akan rawan terhadap banned dari Google. Hal ini justru akan merugikan anda.

  1. Kekurangan link nofollow

Tentu saja penerapan link nofollow pada sebuah blog akan membuat trafik yang menurun. Bahkan, blog atau website anda dapat dikategorikan sepi pengunjung. Beberapa pengunjung akan menganggap bahwa blog anda tidak membantu orang lain untuk mengembangkan SEO. Selain itu, blog atau website yang menerapkan sistem link nofollow juga tidak akan memiliki popularitas yang lebih baik. Trafik yang tidak terlalu banyak juga berdampak pada posisi atau rank yang berada di search engine seperti Google.

Manfaat penting dari link dofollow dan nofollow

Sebenarnya masing-masing dari penerapan link dofollow atau link nofollow memang memiliki manfaat yang berbeda. Hal ini juga akan bergantung pada persepsi yang diinginkan. Setiap publisher berhak untuk menerapkan metode pengembangan SEO yang berbeda. Masing-masing cara juga akan memberikan manfaat dalam jangka waktu yang cukup berbeda. Bila anda lebih mengutamakan metode link dofollow maka manfaat yang anda terima tentu saja jumlah trafik yang lebih baik. Selain itu, bila anda memilih untuk menggunakan metode link nofollow tentu saja manfaat dari blog atau website anda akan terbebas dari komentar spam.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *