cara-install-webuzo

Cara Install Webuzo di VPS?

Posted on

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara install Webuzo di VPS. Sebagaimana yang telah kita ketahui, tentu saja apabila seseorang atau sebuah kelompok ingin mengelola sebuah website dibutuhkan yang namanya hosting hosting control panel atau web panel. Selama ini mungkin anda hanya mengenal cpanel saja sebagai hosting control panel, namun sejatinya masih banyak web panel lainnya yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah Webuzo

Definisi Web Panel

Sebelum kita membahas lebih jauh soal cara melakukan instalasi Webuzo pada Virtual Private Server, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu web panel atau yang juga disebut dengan control hosting panel. Jadi, definisi web panel adalah tools yang dapat anda gunakan untuk mengelola berbagai fitur layanan yang terdapat pada hosting yang anda miliki. Dalam web panel, sudah didukung interface admin sangat mudah dinavigasi sehingga sistem yang kompleks bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja.

Berbeda dengan sebelumnya, dimana anda diharuskan melakukan kontrol secara manual dan bisa dibilang sangat sulit dilakukan. Selain itu melakukan hal tersebut hanya akan memakan dan menghabiskan waktu anda saja. Beruntung, kini sudah ada web panel, anda sudah bisa mengontrol hosting dengan cepat hanya dalam waktu beberapa menit saja. Setelah anda mengetahui tentang web panel, selanjutnya anda juga harus memahami tentang Webuzo yang notabene merupakan salah satu contoh dari web panel atau control hosting panel tersebut.

Apa Itu Webuzo?

Apa yang dimaksud dengan Webuzo itu dan apa kegunaannya? Singkatnya, Webuzo merupakan panel kontrol hosting single user yang dapat digunakan untuk Dedicated atau Virtual Private Server (VPS). Hosting control panel yang satu ini cocok buat personal yang memiliki satu atau banyak website. Bahkan jumlah penggunanya pun tak kalah banyak dengan pengguna cpanel karena user interface dan mudah digunakan. Fitur-fitur Webuzo juga sangat lengkap.

Webuzo memakai Softaculous Single user LAMP stack dengan 239 fitur yang bisa anda manfaatkan. Web panel yang satu ini juga berguna untuk para developer karena telah mendukung Perl, Phyton, PHP, dan juga Ruby. Jadi, anda tak perlu lagi melakukan konfigurasi melalui konsol atau terminal.

Fitur-fitur Webuzo

fitur-webuzo

Jika anda pernah membaca di website resmi Webuzo, ada banyak fitur Webuzo yang bisa digunakan diantaranya yaitu :

  • General Feature : FTP Account, Manage FTP, Add Domains, Manage Domains, Manage MX Entries, Redirect Multiple sub-domains to Primary-domain, delete domain, add sub-domains, delete sub-domains, manage domain zone files, dan Change Password.
  • MySQL Management : phpMyAdmin, mongoDB, Manage Databases, dan juga Add Database.
  • Server Settings : File Manager, Apache Tomcat, CRON Job, serta DNS Zone Settings
  • Advance Settings : Edit Settings, Apache Settings, AWStats, Email Settings, dan Services
  • Email Server : Access Email, Email Account, Email Forwarders, dan MX Entry.
  • Security : Certificate, IP Block, SSH Access, Private keys, dan Certificate Signing Requests (CSR).
  • Server : Bandwidth Usage, Error Logs, CPU Usage, RAM Usage, dan Disk Usage.
  • Scripts: See Demos, View Ratings, dan View Reviews
  • Amazon Regional Support: US East (Virginia), US West (N.California), S. America (Sao Paulo), US West (Oregon), EU West (Ireland), dan Asia Pacific (Singapore),

Cara Install Webuzo di VPS

Lalu bagaimanakah cara melakukan penginstallan Webuzo di Virtual Private Server (VPS)? Sejatinya metode install webuzo niagahoster, idcloudhost, Domainesia, ataupun layanan web  hosting lainnya tidak terlalu jauh berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti tutorial berikut ini :

  1. Siapkan VPS terlebih dahulu

Pastikan anda telah order VPS ke salah satu layanan hosting terpercaya seperti Niagahoster, Idcloudhost, Domainesia, Idwebhost, atau Qwords. Sebaiknya gunakan VPS yang baru (versi 5 ke atas), RAM minimal 512MB (lebih dari 1 GB jauh lebih baik). Selain itu disk minimal 5 GB. Bila anda telah memilikinya langsung saja skip ke langkah berikutnya

  1. Hapus Instalasi Web Server

Dalam VPS, pastikan anda tidak menginstall Apache, PHP, dan MySQL terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena Webuzo sudah memiliki konfigurasi web server tersendiri. Bagaimana cara menghapusnya? Silakan ketik kedua perintah berikut ini pada terminal

$ yum list installed | grep http

$ yum remove httpd httpd-tools

Kedua perintah tersebut memiliki makna dan kegunaan yang berbeda. Jika perintah pertama berguna untuk mengecek apakah masih ada Apache yang sudah terinstall, sedangkan perintah kedua gunanya untuk menghapus semua Apache yang telah terinstall di dalam sistem server.

  1. Download Webuzo

Berlanjut ke langkah kedua, anda harus mengunduh executable file yang digunakan untuk proses instalasi Webuzo secara otomatis. Pengunduhan file bisa dilakukan dengan memasukkan perintah berikut ini pada terminal.

$ wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Pastikan anda tidak menutupnya terlebih dahulu. Apabila sudah selesai, anda bisa melakukan pengecekan menggunakan perintah ‘Is’ guna memastikan apakah file telah terunduh atau justru gagal.

  1. Install Webuzo

Setelah anda mendownload Webuzo, langkah berikutnya adalah melakukan penginstallan. Adapun kode perintah berikut ini dapat kamu masukan untuk melanjutkan proses instalasi :

$ sh install.sh

Nama file install.sh bisa anda sesuaikan dengan nama file yang diunduh tadi. Sementara itu, proses instalasi bisa anda lihat dengan memakai perintah tail berikut ini :

$ tail -f /root/webuzo-install.log

Selama penginstalan, anda akan melewati 4 proses yang harus dikerjakan yaitu Installing Libraries and Dependencies, Setting UP WEBUZO, Downloading and Installing Webuzo, dan juga Downloading System Apps.

  1. Konfigurasi

Setelah anda telah berhasil melakukan proses instalasi tersebut, cara install Webuzo di VPS  selanjutnya adalah dengan mengatur konfigurasi melalui tampilan user interface Webuzo. Adalun cara mengonfirmasikan Webuzo dapat anda akses menggunakan browser dengan cara mengetikkan alamat IP VPS pada address bar yaitu http://alamatIPVPS:2004. URL tersebut  berisi halaman setup Webuzo. IP Address yang dimaksud adalah  alamat IP dari VPS sedangkan 2004 merupakan port yang digunakan.

  1. Isi Identitas

install-webuzo

Silakan klik URL tersebut dana anda langsung diarahkan ke halaman Webuzo Initial Setup. isi identitas diri dan domain anda dengan data-data sebagai berikut :

  • User Name: pada bagian ini, silakan tulis username anda
  • Email Address: silakan isi dengan alamat surel anda
  • Password: tulis password atau kata sandi yang diinginkan. Sebisa mungkin gunakan kombinasi angka dan huruf supaya tidak mudah tertebak orang lain
  • Re-enter Password: tulis ulang kata sandi yang tadi sudah anda masukkan.
  • Primary Domain: isi sesuai IP Address VPS
  • NameServer 1 dan NameServer 2: isi nameserver dari domain yang anda miliki.
  • License Key: dikosongkan saja, karena tidak wajib untuk dimiliki.
  • Nah jika sudah selesai, silakan klik install dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Penutup

Itulah cara install Webuzo di VPS yang bisa anda lakukan. Tentu sangat mudah bukan? Webuzo bisa jadi alternatif pilihan control panel yang tepat bagi Anda dengan tampilannya yang user interface dan navigasi yang mudah anda jalankan. Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan, sekian dan semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *