cara-kerja-search-engine

Mengenal Cara Kerja Search Engine dan Fungsinya

Posted on

Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat diikuti dengan berbagai fasilitas dan fitur. Pengguna internet juga dianggap bisa semakin mudah mendapatkan berbagai informasi. Salah satu cara yang dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing. Masing-masing dari mesin pencari seperti itu memiliki karakter yang sangat berbeda. Google menjadi search engine populer yang memiliki banyak informasi penting. Hingga kini ada banyak fungsi penting dari search engine yang bisa dinikmati oleh para pengguna. Cara kerja search engine yang berbeda juga patut diperhitungkan sehingga memberikan kemudahan dalam mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan.

Fungsi search engine yang harus kamu ketahui

Sebelum kamu mengenal cara kerja search engine sebaiknya maksimalkan fungsi dari layanan internet itu. Hingga kini ada banyak fungsi mesin pencari yang bisa dinikmati para pengguna internet. Masing-masing dari fungsi itu dianggap mempermudah seluruh akses informasi hingga bisa membantu menyelesaikan banyak pekerjaan. Berikut ini beberapa fungsi dari search engine yang patut diperhitungkan, seperti:

  1. Memudahkan pencarian informasi

Ini adalah salah satu fungsi dari search engine yang memang menguntungkan banyak pengguna. Ada banyak sumber informasi yang bisa anda gunakan dari internet. Bila anda ingin melakukan pencarian informasi secara khusus biasanya ini akan melibatkan mesin pencari. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci khusus sesuai dengan informasi yang diinginkan. Selanjutnya, layanan ini akan memberikan banyak pilihan dari hasil pencarian. Bahkan, beberapa hasil dari sumber informasi menawarkan deskripsi dari seluruh bagian kata kunci.

  1. Mudah mencari alamat website

Search engine dianggap memudahkan proses pencarian alamat website atau blog di seluruh dunia. Ini juga memberikan kenyamanan bagi para pengguna internet sehingga tidak perlu melakukan pencarian secara metode manual. Kamu hanya perlu memasukkan nama dari blog atau website di kolom pencarian. Setelah itu mesin pencari akan melakukan proses penyaringan dan memberikan seluruh hasil yang berkaitan dengan kata kunci. Pada akhirnya kamu akan memilih nama website atau blog yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pengaturan bahasa yang lengkap

Saat ini beberapa layanan mesin pencari terus melakukan pembaruan terhadap fitur yang dibutuhkan para pengguna. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan berbagai bahasa. Tentu saja ini akan menjadi pertimbangan penting dari banyak pengguna untuk mencari informasi dari sumber di seluruh dunia. Pengaturan sistem yang dilakukan juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengganti pengaturan bahasa yang biasanya terletak di bagian bawah kolom pencarian. Setelah itu mesin pencari akan menyesuaikan informasi sesuai dengan bahasa yang diinginkan.

  1. Efisiensi waktu untuk browsing

Search engine dianggap akan membantu para pengguna untuk menemukan informasi dengan cepat dan tepat. Tentu saja efisiensi waktu menjadi keunggulan dari mesin pencari dibandingkan bila kamu harus melakukan pencarian secara manual. Apalagi mesin pencari juga memiliki sistem yang sangat ideal untuk melakukan pencarian dalam waktu yang lebih cepat. Biasanya beberapa mesin pencari akan memberikan hasil perhitungan waktu dalam melakukan pencarian. Ini akan lebih memudahkan kamu untuk menentukan pilihan mesin pencari yang ideal untuk digunakan setiap hari.

  1. Sumber pendapatan

Sebagian pengguna internet juga memanfaatkan layanan search engine sebagai salah satu sumber pendapatan. Mereka yang menggunakan mesin pencari untuk mencari pendapatan sering disebut dengan publisher. Para publisher akan menjadi bagian penting dari sumber informasi yang diberikan melalui berbagai blog atau website. Bila konten dari blog mereka memiliki banyak jumlah pengunjung yang berasal mesin pencari maka akan memiliki peluang untuk memasang adsense. Semakin banyak jumlah pengunjung biasanya peluang nominal pendapatan dari adsense juga semakin besar.

Mengenal cara kerja search engine

search-engine

Setiap layanan search engine memang memiliki sistem yang terintegrasi secara berbeda. Bahkan, cara kerja yang ditawarkan juga akan mendapatkan pembaruan secara berkala. Salah satu mesin pencari populer adalah Google. Layanan mesin pencari seperti ini hampir mendominasi pencarian di seluruh dunia. Google sendiri memiliki pengaturan sistem dan software yang akan membantu para pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berikut ini penjelasan tentang cara kerja search engine yang harus kamu ketahui, seperti:

  1. Dimulai dengan software dan robot pencari

Salah satu mesin pencari populer seperti Google akan menggunakan software khusus yang berfungsi untuk melakukan penelusuran atau sering disebut dengan crawler. Bentuk dari software ini bisa seperti bot, robot atau spider. Tindakan yang dilakukan dari mesin pencari ini memiliki istilah crawling. Software itu akan melakukan penelusuran terhadap seluruh halaman konten yang ada di website atau blog secara acak. Hal ini dilakukan untuk menemukan link yang ada di halaman itu. Selanjutnya software ini akan melakukan evaluasi terhadap seluruh informasi dari link itu. Google memiliki komputer canggih yang disebut Googlebot yang akan melakukan penelusuran terhadap miliaran halaman web dengan waktu yang lebih cepat.

  1. Integrasi sistem dengan sumber informasi

Cara kerja search engine tentu saja akan didukung dengan pengaturan utama yang berasal dari sumber seperti website atau blog. Salah satu pengaturan yang memiliki dampak besar adalah dengan memberikan batasan kepada Googlebot untuk melakukan penelusuran. Pemilik blog atau website memang memiliki kendali besar terhadap metode pencarian itu. Selain itu, pengaturan lain adalah dengan melakukan integrasi indeks seluruh konten dari blog atau website di mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan menutup akses pada website atau blog sehingga tidak mendapatkan indeks.

  1. Pengambilan informasi dari blog atau website

Metode dari mesin pencari yang biasanya dilakukan tentu saja dimulai dengan pengguna layanan menuliskan kata kunci khusus. Setelah itu, mesin pencari seperti Google akan melakukan proses pencarian atau penelusuran hingga penyusunan kata dari data base dengan waktu yang sangat cepat. Pengambilan informasi yang dilakukan oleh Googlebot atau software lain dari mesin pencari biasanya berkaitan langsung dengan judu, tag, alt, gambar dan lainnya. Mesin pencari akan menyesuaikan hasil pencarian dengan kata kunci yang diterapkan pada kolom pencarian. Setelah itu, mesin pencari akan menampilkan seluruh bagian informasi yang dibutuhkan oleh pengguna sesuai dengan kata kunci. Biasanya ada banyak pilihan hasil yang memang memiliki kemiripan dari data yang diinginkan.

  1. Unsur penting dari pencarian informasi

Hingga kini sudah lebih dari 50 triliun data website yang ada di mesin pencari dengan kapasitas file yang mencapai hingga 100 juta GB. Tentu saja ini akan semakin membuat mesin pencari terus melakukan pembaruan terhadap software yang digunakan sehingga memudahkan proses pencarian informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna. Apalagi unsur penting yang dibutuhkan adalah komponen indexing. Ada beberapa unsur penting yang mempengaruhi hasil pencarian seperti teks menyeluruh, headers, gaya penulisan, fitur pada blog hingga tag khusus pada HTML yang digunakan.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *