cara-menulis-artikel

Cara Membuat Artikel yang Menarik Hati Pembaca

Posted on

Cara membuat artikel perlu Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang masih pemula di dunia blogging. Atau, Anda yang sudah lama ngeblog namun kurang memiliki kemajuan. Nah, dengan membaca tulisan ini sudah menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda akan disajikan sebuah tips dalam mencetuskan artikel yang berbobot. Sehingga, tulisan Anda akan banyak diminati Pemirsa dan bermakna.

So, cara membuat artikel yang berkualitas dan menarik tidak bisa hanya sekedar saja. Namun, membutuhkan langkah-langkah praktis dan strategis. Baik dalam segi konten, maupun unsur SEO. Semua harus diperhatikan dengan detail, tanpa terkecuali. Bahkan, berhubungan dengan tata bahasa dan tekhnikal juga perlu diperhatikan. Terpenting lagi, tulisan harus memiliki citra diri yang unik. Sehingga, sulit ditiru pihak lain dan membuat Pembaca mudah menggingat karya Anda. Oke, untuk lebih jelasnya langsung cek yang di bawah ini. Selamat memperhatikan Pemirsa.

1. Tentukan Tema

Cara membuat artikel paling awal dengan menentukan sebuah tema. Pilihlah salah satu tema yang relevan dengan kondisi sekarang. Supaya, tulisan Anda akan lebih diterima Pembaca dan banyak dicari pada mesin pencarian. Tema yang relevan juga akan lebih mendatangkan Visitor pada blog Anda. Pasalnya, banyak orang yang mempertanyakan dan penasaran pada hal tersebut. Misalnya, Anda memilih tema Aplikasi Game Paling Kekinian”.

2. Pembuka, Isi, dan Penutup

Struktur penulisan artikel haruslah meliputi Pembuka, Isi, dan Penutup. Bagian pembuka, lebih baik menggunakan dua paragraph dengan ukuran yang proporsional. Untuk isi, lebih baik memakai bentuk poin-poin dan dilengkapi dengan penjelasan. Sedangkan penutup, berisi garis besar dari artikel. Serta, dorongan untuk membuat Pembaca yakin supaya menerapkan tips yang Anda berikan. Jangan lupa juga meninggalkan salam sapa kepada Pembaca.

3. Tulis Secara Natural

Buat artikel yang berkualitas dan memiliki nilai jual lebih, ditulis secara natural. Tanpa menggunakan tools spinner yang menghasilkan tulisan rewrite. Mengapa? Dikarenakan, artikel spinner akan memiliki kesamaan struktur dan gaya kepenulisan dengan artikel asli. Sehingga, Anda tidak akan mempunyai ciri khas di mata Pembaca. Hal itu, akan membuat tulisan kita mudah dilupakan. Selain itu, artikel hasil rewrite dari tools akan cenderung kaku dan kurang nyaman dibaca.

4. Jangan Plagiat

Supaya tulisan artikel Anda berkualitas, yang satu ini sudah menjadi standar muntlak. Terutama dalam dunia penulisan dan literasi. Plagiat menjadi kejahatan literasi yang tidak bisa ditoleransi. Bahkan, plagiarism dalam dunia literasi memiliki peraturan yang dilindungi undang-undang. Jika terbukti melakukan plagiat, maka dapat dituntut secara hukum. Entah itu mendapatkan hukuman penjara maupun denda.

Selain itu, konten artikel pada dunia blogging pun mengecam plagiarism. Selain ini mencuri hasil karya orang lain, Copas juga akan menjadikan artikel Anda ditolak Google. Bahkan dapat dilaporkan pihak Google, supaya dibanned akun iklan-nya dari Adsense. Akibatnya, penghasilan Anda di dunia ngeblog akan terancam. Atau resiko lainnya, situs Anda akan sulit diterima mesin pencari. Bahkan, dapat tidak terdeteksi. Karena, itu mempengaruhi terhadap tidak berjalannya SEO (Search Engine optimation).

5. Kembangkan Ide Pemikiran Kreatif

Buatlah semacam pola berfikir kreatif terhadap tema yang sudah Anda pilih. Supaya, tulisan Anda tidak hanya menjadi penambah di blog saja. Namun sebaliknya, dengan ide pemikiran kreatif tulisan dan situs Anda akan bermakna di hati dan pikiran Pembaca. Ide pemikiran yang kreatif tersebut, kemudian kembangkan menjadi tulisan dan poin-poin isi.

6. Buatlah Isi Berbentuk Poin-Poin

Cara membuat artikel untuk Pembukaan dan Penutup, Anda dapat menggunakan tulisan deskriptif atau pemaparan. Namun saat memasuki Isi, sebaiknya Anda menggunakan model Poin-Poin. Mengapa? Pasalnya, bentuk poin-poin akan lebih mudah ditangkap maksudnya oleh Pembaca. Sehingga, Pembaca dapat langsung mengambil garis besar dari makna dan informasinya. Kemudian, poin-poin tersebut dapat ditambah penjelasan supaya lebih mantap dan jelas.

7. Memadukan Pengalaman Pribadi dan Realitas Umum

Artikel, bukanlah karya bersifat ilmiah maupun fiksi. Namun, artikel tergolong tulisan berbasis argumentasi atau opini. Jadi untuk membuat tulisan artikel lebih berkesan dan meyakinkan, Anda perlu menuangkan tulisan dengan memadukan hasil realitas umum dengan pengalaman pribadi. Dengan begitu, Pembaca dapat lebih yakin dalam menerapkan tips maupun cara yang Anda sajikan pada artikel. Terlebih, dengan mengkolaborasikan realitas umum dengan pengalaman pribadi akan membuat informasi lebih mantap. Mengandung unsur analisa nyata, dan juga eksperimen pribadi. So, sisi objektif-nya bisa didapatkan begitupun nilai subjektif yang mengandung motivasi dapat dijadikan contoh dan hikmah.

8. Buat Judul Mengandung Tanda Tanya

Judul menjadi penentu awal, apakah Pembaca tertarik membuka link situs atau tidak. Jika judul Anda monoton, maka kemungkinan besar orang tidak begitu berminat mengunjungi artikel Anda. Sebaliknya, bila Anda membuat judul yang mengandung pertanyaan. Orang pasti akan penasaran mengenai isinya. Nah dengan membuat Pembaca penasaran, itu namanya akan menarik Pembaca. Mereka akan mencoba cari tahu akan rasa penasarannya, supaya mendapatkan jawaban. So artikel di situs Anda pun tidak hanya dikunjungi, namun juga akan dibaca hingga isinya.

9. Cara Membuat Judul, Keyword + Kata Menarik

Cara menulis artikel berkaitan dengan membuat judul yang SEO juga perlu Anda terapkan. Supaya artikel mudah dideteksi dan optimal di mesin pencari. Salah satu caranya, dengan memasukkan keyword pada judul. Jadi cara membuatnya, Keyword + Kata yang Menarik dan Bikin Penasaran. Contohnya, keyword “Gaya Hidup Sehat”. Hasil judulnya menjadi Terapkan Gaya Hidup Sehat, Wujudkan Hari-Hari Semakin Bermakna”.

10. Masukkan Tekhnik Artikel SEO

SEO adalah memasukkan keyword pada artikel. Ada dua tekhnik SEO artikel. Pertama, menggunakan satu general keyword. Kemudian diulang dengan jumlah pengulangan tertentu. Misalnya artikel 500 kata, pengulangan keyword generalnya 3 kali. Kedua, menggunakan general keyword dan long tile keyword atau keyword turunan. Caranya, mengulang beberapa kali general keyword dan menyebarkan merata keyword turunan pada artikel.

11. Gaya Tulisan Unik Itu Penting

Tulisan keren berikutnya, Anda harus memiliki gaya bahasa yang unik. Supaya Pembaca mudah mengenali ciri khas Anda sebagai Blogger atau Writer. Serta, mereka merasa familiar dengan model tulisan artikel Anda. Sehingga, karya Anda tidak akan mudah dilupakan oleh Pembaca. Justru, mereka akan terus mengenang dan semakin menunggu postingan artikel terbaru dari situs Anda.

12. Perhatikan Standar Penulisan Sesuai Literasi dan Bahasa Indonesia

Perhatikan tata bahasa dan penulisan, sesuai dengan standar literasi dan Bahasa Indonesia. Berkaitan dengan EYD, penempatan tanda baca, jenis kata yang baku. Serta kalimat yang singkat, padat dan jelas. Maksudnya, jangan membuat kalimat yang lebih dari satu baris. Karena itu akan berbelit-belit dan pemborosan kata. Kemudian, jangan mengulang kata yang sama pada satu kalimat. Gunakan kata penghubung yang tepat.

13. Model Penulisan Semi Formal

Cara membuat artikel lebih cocok menggunakan penulisan semi formal. Pasalnya, artikel merupakan tulisan berbasis argumentasi atau opini. Sehingga, bukan karya ilmiah maupun fiksi atau sastra. Jadi, bahasa semi formal lebih tepat digunakan pada penulisan jenis artikel seperti ini.

14. Kandungan Konten Lebih Baik Netral

Janganlah membuat kandungan konten atau amanat maupun kata yang cenderung deskriminatif. Karena, ini akan menyudutkan salah satu pihak. Misalnya, Anda menyebutkan bahwa yang cenderung memasak itu wanita. Ini bukan tulisan yang baik. Lebih bijak, Anda menggunakan kandungan yang bersifat netral. Misalnya, memasak banyak dilakukan bagi para pencinta dunia kuliner atau Chef (Koki).

15. Bentuk Paragraf yang Seimbang

Buatlah tubuh paragraph yang seimbang. Jangan ada paragraph yang sebagian terlalu dikit, maupun terlalu gemuk. Ini secara tekhnikal penulisan, cenderung tidak enak dipandang. Penulis juga akan merasa malas, membaca paragraph yang tidak konsisten maupun terlalu gemuk.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang cara membuat artikel yang menarik hati Pembaca. Harus diperhatikan dengan cermat, serta diterapkan secara tepat. Supaya Anda dapat mencetuskan karya artikel yang berkualitas dan unik. Sehingga, akan mendatangkan banyak Visitor dan Viewers. Dengan begitu, elektabilitas karya dan situs Anda akan meningkat. Penghasilan pun akan semakin bertambah. Bagaimana Pemirsa, mau? Segera terapkan saja. Sekian artikel dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda, dan terimakasih.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *