cara membuat cpanel di whm

Cara Membuat Cpanel di WHM dengan Mudah

Posted on

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai Webuzo dan cara penginstalannya, untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat cpanel di WHM. Tetapi sebelum kita bahas lebih jauh tutorialnya, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang cpanel dan juga WHM.

Apa Itu Cpanel?

Bisa dibilang cpanel ini mirip seperti Webuzo sesuai apa yang sudah di bahas pada artikel selain ini. Jadi, cpanel merupakan control panel berbasis Linux yang kini banyak digunakan untuk web hosting. Bahkan anda pun mungkin sudah sangat familiar dengan control panel yang satu ini. cPanel juga bisa membuat anda dapat mengelola akun web hosting secara lebih maksimal. Pengguna dapat membuat FTP user dan alamat email baru, menginstall software, memonitor resource, membuat subdomain, dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi  Postgres, Perl, Python, Apache, PHP, mySQL, dan BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP. Sama seperti panel control lainnya, tentu saja cpanel memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Cpanel memang sangat mudah digunakan, akan tetapi fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel itu sendiri. Lalu apa bedanya dengan WHM?

Pengertian WHM

Apa Itu WHM? WHM atau Web Host Manager merupakan sebuah tools di level admin server yang berguna untuk mengelola akun cPanel. Jadi, WHM juga WHM bisa disebut sebagai sebagai admin dari cPanel. Dengan tools yang satu ini, seseorang dapat membuat akun cPanel di dalam hosting. WHM juga membuat penggunanya bisa mengelola banyak file. Bukan sekadar itu saja, banyak manfaat lain dari WHM ini diantaranya adalah pengguna dapat menginstal dan mengelola sertifikat SSL dengan mudah, dapat melakukan penugasan dan whitelisting dari alamat IP, bisa mendapatkan akses ke semua akun dan masih banyak lagi.

WHM bisa menjadi alat pengelola web hosting yang lebih fleksibel dengan sifat user admin yang dimilikinya. Jadi anda bisa menghemat lebih banyak waktu saat akan melakukan pembenahan mengenai administrasi server. Selain beberapa hal di atas, berikut ini adalah manfaat lainnya dari WHM :

  • Dapat menganalisa sumber daya yang ada di server. Dengan begitu, anda bisa melakukan perencanaan yang lebih matang terhadap web atau domain yang tersebar dalam cPanel.
  • Dapat memberikan pembaharuan, peningkatan, dan newslatter kepada para klien sesuai kesepakatan yang dibuat melalui WHM.
  • Serta masih banyak manfaat yang lainnya.

Cara Membuat Cpanel di WHM

Cpanel dan WHM merupakan dua tools yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini disebabkan karena Hal ini dikarenakan cPanel berjalan dibawah kendali  dari WHM. Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, WHM merupakan halaman admin cpanel dimana anda dapat membuat beberapa akun cPanel tersebut di dalam sebuah WHM.

Panduan membuat cpanel di WHM tidaklah sulit dilakukan, tampilannya yang sudah user interface membuat anda dapat dengan mudah melakukan tutorial yang akan saya sampaikan berikut ini. Tetapi sebelum lanjut, sudah mempunyai VPS dengan WHM yang aktif. Jadi sebelum anda menerapkan cara membuat cpanel di WHM, pastikan terlebih dahulu telah menginstal WHM di VPS. Jangan lupa sebelum menjalankan tutorial ini, siapkan WHM yang sudah berjalan dan juga akun root WHM yang dilengkapi dengan password. Jika semua sudah siap, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini

  1. Login Terlebih Dahulu ke Akun WHM

whm-login

Cara login WHM dilakukan dengan cara memasukkan username dan juga password root yang juga digunakan ketika anda menggunakannya untuk masuk ke dalam sistem operasi tersebut. Alternatif lainnya, kamu bisa memakai username reseller apabila tidak memiliki akses ke root. Setelah login berhasil, silakan masuk ke Masuk ke menu “Account Functions” kemudian pilih menu “Create a New Account”

  1. Masukkan Detail Akun

Pada tahapan ini, anda diharuskan untuk mengisi beberapa informasi terkait dengan akun baru yang ingin dibuat. Contohnya seperti domain, username, password, email, dan lain sebagainya. Nah, untuk bagian “package” anda memilih paket yang tersedia di sana. Jika belum punya paket aktif, maka anda harus membuat paket terlebih dahulu. Bagaimana caranya?  Yaitu dengan memilih package “default”.

buat-akun-whm

Bukan sekadar itu saja, anda pun juga dapat menyesuaikan spesifikasi yang akan digunakan pada akun tersebut dengan cara memilih “Select Options Manually”. Di bagian manual resource options anda dapat memilih bandwith, kapasitas disk space dan sebagainya yang tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan akun

Selanjutnya centang lagi “Save Manual Settings as a Package” dan pada bagian “Package Name” isi dengan nama paket. Sementara itu di bagian featured list biarkan kosong. Dan yang terakhir, adalah klik tombol “Create”. Maka anda pun kini sudah bisa menyelesaikan cara membuat cpanel di WHM. Agar anda semakin paham, berikut ini penjelasan dari kolom yang harus diisi saat anda daftar cpanel:

  • Domain: anda bisa mengisi bagian ini dengan domain dari akun utama cpanel yang akan anda buat.
  • Username: boleh dafault atau diganti sesuai dengan keinginan anda.
  • Password: Isi dengan password atau kata sandi anda.
  • Re-type Password: ulangi password atau kata sandi yang tadi sudah dimasukkan tadi
  • Email: isi dengan alamat surel dari pemilik akun cpanel yang anda buat.
  • Choose a Package: Jika ada, silakan pilih paket yang telah anda buat
  • Select Options Manually: Centang apabila anda ingin membuat paket hosting. Jika tidak bisa anda abaikan.
  • Save Manual Settings as a Package: ceklist bilamana anda ingin membuat paket baru di akun WHM tersebut.
  • Package Name: isi dengan nama paket.
  • Feature List: Isi dengan daftar fitur yang ingin di tampilkan. Pada bagian ini biarkan kosong saja.
  • Disk Space Quota (MB) : merupakan limit space yang dihitung dalam satuan MB.
  • Bandwidth Limit (MB): merupakan batasan atau limit kuota bandwidth. Isi nol untuk bagian unlimited.
  • Max FTP Accounts : merupakan limit akun FTP untuk tiap akun cpanel.
  1. Akses Ke Cpanel Baru

cpanel_dashboard

Jika sudah membuat akun, anda bisa langsung melakukan akses ke cPanel yang baru dibuat melalui menu “Account Information” -> “List Accounts”. Klik pada bagian logo cPanel jika ingin masuk ke halaman cPanel akun. Dan selamat, saat ini anda sudah memiliki akun cpanel pada WHM.

Penutup

Dengan tampilan user interface yang mudah untuk dimengerti, tentu saja pembuatan akun cpanel di WHM menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Walaupun bagi pengguna baru tetap masih harus meraba-raba dan masih harus mempelajari menu-menu yang ada pada WHM. Tetapi hal tersebut masih wajar dan lumrah terjadi apabila anda menggunakan suatu software yang masih baru atau belum terlalu anda kenali. Akhir kata, demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat cpanel di WHM, semoga bermanfaat dan terima kasih. Apabila konten ini bermanfaat anda bisa membagikannya kepada orang lain.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *