cara-membuat-pbn

Cara Membuat PBN bagi Pemula

Posted on

Banyak dari para bloger yang juga bertanya mengenai bagaimana cara membuat PBN itu? Hal ini wajar, mengingat PBN atau Private Blog Network merupakan salah satu cara melakukan optimasi SEO off page. Pembuatan blog PBN sejatinya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan blog yang biasa kita gunakan selama ini. Namun sebelum saya membahas lebih jauh soal bagaimana membuat sekaligus mengoptimalkan  PBN, terlebih dahulu kamu harus mengetahui menengahi definisi PBN itu sendiri

Apa Itu PBN?

PBN atau Private Blog Network merupakan salah satu dari beberapa teknik backlink powerfull yang memanfaatkan domain-domain expired atau kadaluwarsa yang memiliki metrik berkualitas. Manfaat Backlink PBN diklaim mampu mendongkrak peringkat situs di mesin pencari, bahkan hanya butuh waktu 5-7 Hari untuk tingkat persaingan rendah hingga sedang. Tetapi kamu juga harus berhati-hati apabila ingin memakai teknik yang satu ini.

Mengapa Begitu?

Pasalnya PBN bukan merupakan teknik yang tergolong white hat, tetapi termasuk ke dalam grey hat SEO. Dibilang aman dilakukan tidak tepat, namun apakah berbahaya? Jawabannya belum tentu. Semua tergantung bagaimana si empu dalam melakukan optimasi. Oleh karena itu, terhadap bloger pemula tidak disarankan untuk melakukannya terlebih dahulu. Tunggu saja hingga blog sudah cukup berumur.

Bila saatnya umur situs kamu sudah cukup tua, melakukan optimasi backlink PBN menjadi sesuatu yang sangat disarankan untuk dilakukan. PBN mempunyai kriteria domain yang sangat kuat sehingga tautan yang diperoleh sangat berpengaruh dan bisa meningkatkan posisi web hingga tembus halaman pertama mesin pencari. Bukan sekadar itu saja, kamu juga bisa mengontrol setiap link keluar kedalam moneysite atau blog utama kita. Serta memperbaiki posisi jika suatu saat PBN tersebut bermasalah.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuat PBN

private-blog-network

Apa saja sih yang perlu kita siapkan untuk membuat PBN? Yang utama sebenarnya adalah modal dan tekad yang kuat untuk menyelesaikan pembuatan PBN tersebut. Ya, PBN tidak bisa kamu buat secara gratis, tetapi kamu harus menyiapkan modal sekitar  $10 untuk domain dan $5 untuk hosting.  Pastikan kamu memiliki domain expired dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Domain masih terindeks oleh google.
  • Domain memiliki backlink minimal 50 reffering domain, dengan minimal 50%  referring domain tersebut punya ahrefs domain rank (DR) diatas 50.
  • Lebih baik 1 niche dengan moneysite. Namun apabila domain tersebut bagus tidak satu niche pun tak jadi masalah.
  • Perbandingan jumlah backlink dan juga reffering domain tidak terlalu jauh berbeda.
  • Domain PA, DA, TF, CF, DR yang Tinggi diatas 20.
  • Register domain yang berbeda-beda.
  • Spam score tidak terlalu tinggi.

Cara Membuat PBN (Private Blog Network)

Membuat PBN sejatinya gampang-gampang susah. Kuncinya adalah pemilihan domain yang tepat dan juga perawatan blog dengan sebaik mungkin. Pastikan kamu mengikuti semua prosedur agar hasil yang diperoleh juga maksimal. Jadi, inilah cara membuat PBN yang tepat yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih Domain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih domain terlebih dahulu. Baik itu expired domain atau aged domain. Mengenai kriteria domain, kamu bisa mempertimbangkan kriteria yang sudah saya sebutkan di penjelasan di atas. Pemilihan domain yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil dari backlink PBN yang sudah kamu bangun. Domain bisa didapatkan dengan berbagai cara mulai dari scrapt sendiri, membeli, auction, ataupun yang lainnya. Jika domain untuk PBN sudah didapatkan, kamu bisa ikuti petunjuk selanjutnya.

2. Membeli Hosting

Tak harus menggunakan blogger saja untuk blog PBN, tetapi tak ada salahnya juga apabila kamu menggunakan blog berplatform wordpress self hosting. Mengenai hosting, kamu tidak perlu membeli yang terlalu mahal. Asalkan membelinya di tempat-tempat yang memang terpercaya. Membeli hosting dengan data yang berbeda-beda atau sesuaikan  dengan data domain PBN yang telah dibeli sebelumnya. Disarankan tidak membeli reseller hosting karena sangat membahayakan jika kamu tidak pandai menyetingnya. Namun, apabila kamu sudah terbiasa menggunakan reseller hosting dalam optimasi PBN, maka lakukan saja.

3. Settings Theme dan Plugin

Proses cara membuat PBN untuk WordPress selanjutnya adalah dengan melakukan settings pada bagian Themes dan juga plugin. Sama seperti domain dan hosting, untuk themes + plugin sebisa mungkin gunakan yang berbeda-beda. Khusus plugin, kamu bisa menginstall dan mengaktifkan plugin spyder spanker untuk memblokir bot. Sementara itu untuk template, tak perlu memikirkan terlalu jauh soal design asal themes tersebut sudah SEO friendly maka hal tersebut sudah sangat bagus.

4. Setup PBN

pbnDomain dan hosting sudah siap, maka proses selanjutnya dalam membuat PBN langsung saja melakukan setup. Sebelum menginstall WordPress, cek terlebih dahulu backlink PBNnya apakah menggunakan www atau tidak, sesuaikan terlebih dahulu hal tersebut. Selain itu cek juga https atau httpnya, sesuaikan juga hal itu. Web PBN diisi dengan setidaknya 4-5 artikel sekaligus, usahakan artikel saya tema dengan moneysite atau blog utama yang akan diberi backlink. Dan yang pasti, konten harus tulisan sendiri bukan hasil translate, spin, ataupun copy paste.

Selain itu, kamu pun boleh mengisi konten PBN dengan Niche general. Sebagai contoh moneysite berisi tentang konten kesehatan, PBN bisa diisi dengan artikel yang bertemakan kecantikan. Hal ini bertujuan agar bisa digunakan juga ke moneysite lain yang masih 1 Niche. Jangan lupa pasang google analitycs untuk memantau perkembangan visitor. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan clicky, histats, ataupun jetpack. Saya sarankan google analitycs saja karena sudah terbukti sangat akurat. Pada intinya, web PBN itu dibuat senatural mungkin sama seperti blog utama.

Dan yang juga tak kalah pentingnya, PBN harus dirawat dengan baik sama dengan kita merawat blog lainnya. Jaga baik-baik visitor dan juga kualitas dari PBN itu sendiri. Semakin besar visitor, maka semakin berkualitas pula PBN yang sudah kamu buat. Sementara itu untuk membuat link yg menuju kedalam situs, kamu bisa memakai kriteria sebagai berikut :

  • Link mengandung konten yang unik, readible,
  • Cukup masukkan 1 link ke moneysite
  • Gunakan variasi keyword
  • Jangan me-link ke PBN kamu yang lain, tetapi cukup arahkan PBN ke web utama saja.
  • Jangan me-link ke website yang mengandung konten po*n, pharma, gambling dan keyword spam lainnya.
  • Selain link menuju ke homepage juga diperbolehkan, tetapi optimalkan di dalam konten saja.

Penutup

Pada intinya, optimasi PBN harus dilakukan senatural mungkin dan proses pembuatan kontennya juga disarankan tetap diawali dengan melakukan riset keyword. Jika kamu melakukannya, maka bisa memberikan hasil yang optimal ke website utama (moneysite). Dan PBN menjadi salah satu teknik SEO off page yang bisa kamu lakukan dengan melupakan berbagai alternatif SEO Off page lainnya maupun SEO on page sebagai hal yang utama.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat PBN, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selamat mencoba dan semoga berhasil menaikkan rangking situs di mesin pencari.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *