cara-membuat-website

Cara Membuat Website Untuk Meningkatkan Grade Bisnis Anda

Posted on

Cara Membuat Website perlu Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang menggeluti dunia bisnis. Pasalnya, era kontemporer telah banyak beralih ke dunia digital dalam menjalankan beragam aktifitasnya. Terutama, berkaitan dengan menjalankan strategi bisnis. Dengan penggunaan sarana website, dapat meningkatkan grade usaha Anda. Karena, dapat digunakan sebagai kantor secara online yang dapat dikunjungi banyak orang untuk mengenal bisnis dan perusahaan Anda. Sehingga, produk barang maupun jasa yang Anda tawarkan lebih banyak dikenal kalayak umum. Terlebih, penggunaan website memiliki beragam fitur dan tools yang memberikan fasilitas dan ruang untuk melakukan branding dan sarana berinteraksi dengan para calon Customer.

Dengan mengetahui cara membuat website, Anda tidak perlu membelinya. Bisa membuatnya sendiri dan melakukan development website. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Pasalnya, dapat menghemat pengeluaran. Apalagi, jasa penyedia website seringkali mematok harga yang sangat fantastis. Sekisar 1,5 juta hingga puluhan juta. Padahal, sebenarnya yang membuat mahal bukanlah modal dalam mengumpulkan perlengkapan seperti Hosting, Domain, dan Template. Justru yang membuat harga mahal adalah kemahiran jasa dalam mencetuskan website yang Professional dan memiliki optimasi jitu.

Ketahui Platform Membuat Website

cms-platformTerdapat berbagai platform untuk membuat website. Dari sekian variasinya, yang paling popular adalah WordPress dan Blogspot. WordPress sendiri terbagi menjadi dua yakni WordPress.com dan WordPress.org yang memiliki perbedaan mencolok dalam segi orientasinya. Untuk WordPress.com berbasis akun Hosted. Sehingga, Anda masih diberikan pembatasan oleh pihak penyedia layanan. Pertama mendaftar, Anda disediakan akun gratisan. Kemudian jika ingin beralih yang berbayar disediakan paket instan yakni Personal, Premium, dan Bisnis. Keunggulannya, Anda tidak perlu memiliki kemahiran website yang tinggi. Karena, paket tinggal diupgrade sudah terhubung tools dan fitur baru secara instan. Namun, harganya cukup mahal. Selain itu, akun Hosted juga tidak bisa dipasang iklan untuk menambah penghasilan Anda.

Sedangkan, WordPress.org adalah penyedia akun Self Hosted. Artinya, Anda mempunyai hak kepemilikan secara penuh. Keunggulannya, Anda bisa menganti sesuka hati anda. Karena sudah milik Anda sendiri. Selain itu, juga bisa dipasang iklan sebagai penghasilan tambahan. Kemudian, Anda juga dapat lebih menghemat budget. Dikarenakan, Anda membeli satu per satu. Lalu, menghubungkan atau mentautkannya sendiri. Keunggulan WordPress dibandingkan Blogspot adalah dalam segi tools dan fitur yang lebih bervariasi dan lengkap, Template tampak professional dan terdapat Landing Page, lebih peka terhadap SEO dan memiliki Google Analytics maupun Plugin. Sangat cocok jika digunakan untuk website Company Profile.

Sedangkan platform Blogspot lebih cocok digunakan untuk bisnis berbasis online shopping, media jurnalis, dan blog pribadi. Pasalnya, memiliki tampilan yang simple dan tools-nya lebih singkat. Keunggulannya, Blogspot baik yang Hosted maupun Self Hosted tetap dapat dipasang iklan. Bedanya terletak pada jumlah ruangan iklan yang boleh ditampilkan. Hosted hanya dapat menampikan satu ruangan. Sedangkan, Self Hosted bebas menampilkan berapapun ruang iklan. Blogspot juga dapat mengkombinasikan beragam penyedia akun iklan lainnya, tidak hanya pada Google Adsense saja.

Ketahui Perlengkapan Membuat Website

Dalam cara membuat website, Anda perlu mengetahui perlengkapan yang perlu dibeli. Diantaranya Anda perlu membeli Hosting, Domain dan Template Premium.

Ketahui Penyedia Layanan yang Memberikan Fasilitas Perlengkapan Website

Dalam membeli perlengkapan untuk membuat website Anda dapat menghubungi penyedia layanan tersebut. Diantaranya seperti NiagaHoster, Hostinger, Domenisia, dan lain sebagainya.

Pahami Dunia Informatika dan Digital Marketing

Website adalah salah satu cabang dari dunia digital marketing dan informatika. Anda perlu mengetahuinya lebih mendalam, demi menunjang optimasi website dan bisnis.

Beli Hosting

hostingLangkah awal Anda perlu membeli Hosting di jasa penyedia yang sudah dipilih. Jika budged Anda cukup besar, disarankan membeli yang paket Unlimited. Supaya ruang Anda luas bisa digunakan seumur hidup, tanpa kehabisan. Namun, jika budged minim tidak apa-apa membeli yang sesuai kemampuan Anda. Tetapi, usahakan yang ruangannya cukup besar bisa dipakai hingga satu tahunan. Baru setelah satu tahun Anda memiliki uang lebih, silahkan beli paket yang Unlimited. Kemudian, database pada hosting lama diimpor pada hosting yang baru.

Beli Domain

Cara membuat website selanjutnya dengan membeli domain di penyedia yang Anda pilih. Pilihlah domain yang memiliki rangking tinggi dan familiar, biasanya disebuat TLD (Top Level Domain). Contohnya seperti domain .com .net .org. Lalu, sesuaikan dengan Niche Situs Anda.

Tautkan Domain Ke Hosting

domain-ke-hosting

Jika domain selesai dibeli. Kini tinggal mentautkan atau mengarahkan domain ke hosting yang Anda beli tadi. Jika belum tahu caranya, bisa tanya pada CS penyedia layanan yang Anda pilih.

Tautkan Hosting dengan Platform Website

Kemudian, untuk mendapatkan fasilitas website Anda perlu mentautkan dengan platform yang sudah dipilih. Entah Anda memilih WordPress atau Blogspot.

Beli Template Premium/Free

themeforestSetelah itu, cara membuat website selanjutnya silahkan Anda membeli template premium ke penyedia layanan. Banyak penyedia layanan template seperti  Themeforest, Gooyabi, Elegant Themes, dan sejenisnya. Silahkan Anda pilih dan menghubungi untuk membeli. Setelah melakukan demo dan cocok dengan salah satu model template, Anda tinggal membayarnya. Lalu, pasang template pada website Anda.

Sesuaikan Pengaturan Template dan Tools yang Diperlukan

Setelah template terpasang, di situ masih menampilkan template bawaan. Maka perlu mengatur template agar sesuai dengan page dan tools yang Anda butuhkan.

Lengkapi Informasi dan Setting Website

Lengkapilah informasi pada website Anda. Berhubungan dengan Landing Page, Home, Tentang Kami, Layanan, Testimoni, Kontak, dan lainnya sesuai dengan keperluan informasi bisnis Anda. Lalu jangan lupa cek bagian setting, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Pahami Tentang SEO (Search Engine Optimation)

Lalu Anda perlu memahami terkait SEO. Berfungsi untuk membuat situs Anda dapat dideteksi mesin pencarian dan menjadikannya di rangking depan. Biasanya ini menggunakan trik-trik baik memasukkan keyword pada konten penulisan, backlink, pendaftaran link dan lain sebagainya.

Pahami Tentang SEM (Search Engine Marketing)

SEM fungsinya juga mengoptimalkan situs website supaya dapat maksimal di mesin pencarian. Bedanya dengan SEO terletak pada tools yang digunakan. SEM cenderung memakai tools berbayar.

Pahami Tentang Copywriting

Copywriting adalah tekhnik penulisan berbasis branding untuk menarik banyak orang supaya tertarik dengan bisnis dan produk Anda. Dapat memposting copywriting pada situs, supaya pengunjung semakin penasaran dan yakin terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Pahami Tentang Content Writing

Content Writing merupakan penulisan berbasis informasi dan wawasan yang biasanya selalu diupdate dalam website. Seringkali berbentuk tulisan Artikel SEO.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Cara Membuat Website. Perlu Anda ketahui, demi menunjang kualitas dan grade bisnis Anda. Pasalnya, memang kebutuhan akan digital sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Karena, sekarang era kontemporer yang semua aktifitas terutama bisnis banyak diakses lewat jaringan informatika. So, dengan Anda memiliki keahlian di bidang website tentu akan menghemat pengeluaran. Terlebih, budget membeli website instan sangat besar dibandingkan Anda membuatnya sendiri. Cukup membeli peralatan mentahnya saja, untuk kemudian Anda olah menjadi website professional dan optimal. Oke, sekian informasi dari kami dan terimakasih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya Guys.

 

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *