cara-mempercepat-loading-blog

Cara Mempercepat Loading Blog untuk WordPress dan Blogger

Posted on

Kecepatan loading sebuah blog akan memberikan dampak yang besar untuk optimasi SEO. Beberapa search engine seperti Google, Yahoo hingga Bing memang akan memprioritaskan blog yang lebih cepat. Alasannya tentu saja memberikan kemudahan akses kepada para pengunjung. Semakin cepat loading sebuah blog biasanya akan membuat jumlah pengunjung atau trafik semakin meningkat. Hal ini yang membuat banyak publisher mencoba untuk melakukan perubahan dalam meningkatkan kecepatan blog atau website. Apalagi saat ini ada banyak cara mempercepat loading blog yang bisa digunakan untuk beberapa platform seperti Blogger atau WordPress.

9 cara mempercepat loading blog yang harus dicoba

Beberapa blog atau website yang menggunakan platform WordPress dan Blogger memang memiliki metode berbeda. Masing-masing dari cara yang dilakukan juga tidak terlalu sulit. Namun, sebelum menerapkan cara atau metode untuk membuat loading blog semakin cepat sebaiknya kamu melakukan backup seluruh data blog. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan saat melakukan perubahan pada bagian engine platform. Berikut ini ada 9 cara mempercepat loading blog yang bisa diterapkan untuk Wodpress hingga Blogger seperti:

  1. Mengurangi ukuran CSS untuk Blogger

Ini adalah salah satu cara mempercepat loading blog yang bisa diterapkan untuk platform Blogger. Ukuran CSS memang memberikan dampak yang sangat besar pada kecepatan sebuah blog yang menggunakan Blogger. Semakin kecil ukuran CSS tentu saja akan membuat loading blog semakin cepat. Selain itu, tampilan dari blog juga terlihat sangat minimalis dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung untuk mendapatkan konten yang diinginkan. Perubahan ukuran CSS seperti ini sebaiknya tidak dilakukan secara manual. Kamu bisa mengakses beberapa situs CSS compressor seperti csscompressor.com atau cssoptimiser.com.

  1. Mengkompress gambar yang digunakan untuk konten

Cara seperti ini berlaku untuk seluruh engine platform yang digunakan untuk blog atau website. Gambar memang dianggap sebagai pelengkap konten yang memiliki pengaruh besar. Bahkan, ada beberapa gambar yang memang harus ditampilkan sebagai pelengkap dari ilustrasi konten. Namun, kamu juga harus memperhitungkan ukuran file dari gambar yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mempengaruhi kecepatan loading dari blog yang diakses pada konten itu. Terapkan kompres pada gambar untuk mengurangi ukuran file. Jangan khawatir karena saat ini ada beberapa pilihan software yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran file gambar dengan menjaga kualitas resolusi.

  1. Menghindari penggunaan gambar pada background

Rekomendasi lain dari cara mempercepat loading blog adalah dengan menghindari penggunaan gambar untuk background template atau theme. Biasanya beberapa pilihan template atau theme yang digunakan untuk wordpress atau blogger memiliki pengaturan menempatkan gambar pada background. Beberapa publisher menilai hal ini untuk menarik perhatian dari pengunjung. Namun, hal ini justru akan membuat loading blog itu semakin lambat. Bahkan, banyak juga dari pengunjung yang menganggap bahwa hal itu akan membuat tampilan dari konten terlihat tidak efisien.

  1. Tidak terlalu banyak menggunakan widget

Cobalah perhitungkan penggunaan widget pada blog. Platform engine yang berasal dari Blogger dan WordPress memang memiliki pilihan untuk menempatkan widget sesuai dengan keinginan. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan fungsi dari widget yang ditampilkan untuk setiap halaman. Semakin banyak widget yang digunakan untuk blog itu biasanya akan membuat loading web cukup lambat. Kamu harus mengurangi widget yang tidak terlalu sering digunakan. Selain itu, masing-masing widget juga memiliki ukuran file yang berbeda.

  1. Jangan terlalu banyak memasang plugin WordPress

loading-blog

Bagi publisher yang menggunakan platform engine WordPress sebaiknya hindari penggunaan plugin yang terlalu berlebihan. Cobalah perhitungkan efisiensi fungsi dari plugin yang memang disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya pilihan plugin seperti ini akan disesuaikan dengan konten dari blog hingga tampilan. Gunakan plugin yang memang benar-benar dibutuhkan untuk optimasi blog. Kamu harus tahu bahwa beberapa plugin memiliki ukuran file dan tampilan yang berbeda. Bila publisher menggunakan plugin dengan ukuran file yang sangat besar biasanya hal itu akan mempengaruhi kecepatan loading blog. Selain itu, beberapa plugin juga membutuhkan penyesuaian integrasi sistem sesuai dengan kualitas server atau hosting.

  1. Gunakan plugin cache untuk wordpress

Kamu sebaiknya menggunakan tambahan plugin yang membuat akses pada blog WordPress semakin cepat. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan plugin cache. Fungsi dari plugin ini adalah untuk menyimpan konten dari website pada bagian browser sehingga para pengunjung tidak perlu lagi menunggu waktu untuk download data terbaru dari website atau blog. Biasanya cara seperti ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat loading dari blog. Beberapa bagian dari konten akan tersimpan dan mendapatkan pembaruan bila kamu memang melakukan perubahan konten. Pilihan dari plugin ini seperti W3 Total Cache dan WP Super Cache.

  1. Pilih hosting atau server berkualitas

Kualitas dari hosting atau server yang digunakan untuk blog dengan platform engine WordPress memang memiliki pengaruh besar. Semakin baik kualitas dari hosting yang digunakan biasanya akan membuat loading dari blog semakin cepat. Beberapa publisher yang masih memperhitungkan biaya biasanya menggunakan shared hosting untuk blog WordPress. Namun, kamu harus memperhitungkan seluruh fitur yang ditawarkan dari layanan hosting itu. Hal ini juga berkaitan dengan kapasitas penyimpanan hingga jumlah kapasitas RAM. Bagi kamu yang memiliki blog dengan trafik cukup besar cobalah gunakan server sebagai pilihan utama. Kualitas server seperti VPS memang lebih baik dibandingkan shared hosting. Apalagi jumlah kapasitas penyimpanan dan dukungan RAM juga lebih besar.

  1. Pertimbangkan CDN untuk WordPress

Saat ini penggunaan layanan dan fitur Content Delivery Network yang terintegrasi pada blog WordPress memang cukup populer. Layanan ini justru akan membantu anda untuk mempercepat loading website sesuai dengan demografi pengunjung. Cara kerja dari layanan ini adalah dengan menyimpan data website yang ada di pusat server atau hosting lalu mendistribusikan kepada server yang berada di dekat dengan lokasi pengunjung. Hal ini tentu saja akan membuat loading website semakin cepat karena tidak perlu membutuhkan waktu untuk menjangkau data website di pusat server. Metode ini memang sering dilakukan untuk membuat website mendapatkan posisi terbaik di search engine.

  1. Jangan terlalu banyak memasang iklan

Blog dengan pengunjung dan trafik yang besar memang sering digunakan untuk optimasi adsense. Namun, perlu diingat bahwa tampilan iklan juga mempengaruhi loading dari sebuah blog. Sebaiknya kamu tidak menampilkan atau memasang iklan yang terlalu banyak pada halaman utama atau halaman konten. Apalagi tampilan iklan juga membutuhkan waktu dan koneksi internet yang lebih cepat untuk muncul saat dibuka. Sebenarnya kamu bisa menggunakan lebih banyak iklan dengan melakukan pengaturan dari tampilan iklan teks saja. Cobalah hindari penggunaan iklan gambar yang berlebihan dari blog itu. Apalagi ini juga akan mempengaruhi kenyamanan dari pengunjung dalam mengakses konten.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *