Cara Menonaktifkan Gutenberg WordPress

Posted on

Cara menonaktifkan Gutenberg WordPress – Jika Anda tidak yakin apakah situs Anda siap untuk menggunakan Gutenberg, maka hal terbaik berikutnya adalah menonaktifkannya. Anda masih dapat meng-upgrade ke WordPress 5.0.

Tetapi dapat mematikan editor baru akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk memeriksa berbagai hal. Akan ada waktu lama sebelum semua plugin siap untuk Gutenberg.

Saya pribadi tahu banyak pengembang plugin yang menunggu untuk benar-benar rilis sehingga mereka dapat mulai bekerja. Ada begitu banyak perubahan dalam plugin (Anda bisa mendapatkannya di sini).

Itu membuatnya sulit untuk dikembangkan. Perusahaan seperti Yoast sudah bergabung dan membuat plugin mereka kompatibel, tetapi Anda akan melihat lebih banyak lagi mematikan plugin mereka karena mereka harus belajar bahasa pemrograman baru.

Saya melihat ini sebagai cara untuk banyak plugin untuk dibersihkan dari repositori WordPress. Karena WordPress adalah open source.

Banyak pengembang sudah mulai menyediakan cara untuk menonaktifkan Gutenberg sehingga ada lebih banyak waktu untuk menguji dan memastikan website siap.

Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan selama beberapa bulan setelah Gutenberg rilis. Meskipun ada banyak pilihan, admin ingin memberi Anda cara termudah. Di sini cara termudah untuk menonaktifkan Gutenberg ketika rilis WordPress 5.0.

Tahu cara menonaktifkan editor Gutenberg WordPress dan tetap memakai editor klasik  WordPress Anda? Gutenberg adalah editor WordPress terbaru yang akan menggantikan editor WordPress klasik. Meskipun terlihat modern, banyak pengguna mengalami kesulitan menggunakannya dan lebih memilih untuk tetap menggunakan editor klasik.

Pada artikel Tutorial cara nonaktifkan editor Gutenberg WordPress, admin akan menunjukkan kepada Anda cara menonaktifkan Gutenberg dengan mudah dan menyimpan editor klasik di WordPress.

Apa itu Editor Gutenberg?

gutenberg-editor

Gutenberg adalah editor WordPress yang akan datang dengan tujuan modernisasi pengalaman menulis WordPress.

Mengapa Menonaktifkan Editor Gutenberg di WordPress?

Banyak pengguna merasa bahwa Gutenberg saat ini tidak siap untuk situs secara langsung. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 2,3 dari 5 di plugin Gutenberg. Pada saat penulisan artikel ini, ada 676 peringkat bintang satu dengan 288 peringkat bintang lima.

Meskipun ulasan negatif, tim inti WordPress bergerak maju dengan menjadikan Gutenberg editor bawaan di WordPress 5.0.

Ini membuat banyak pengguna sangat khawatir. Mereka ingin memiliki opsi untuk menonaktifkan Gutenberg dan mempertahankan editor klasik.

Untungnya, ada plugin oleh tim inti WordPress yang memungkinkan Anda melakukan itu.

Pengertian WordPress

Apa itu WordPress ? WordPress merupakan platform besar sebagai tempat pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai samapai saat ini menjadi CMS yang paling populer di seluruh dunia.

Yang menarik bagian dari WordPress adalah software yang bersifat open source. Hal ini yang artinya WordPress dapat digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu juga, WordPress menyediakan plugin yang dapat memudahkan penggunanya untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

2 Metode Cara Menonaktifkan Editor Gutenberg WordPress

Mari kita lihat cara disable editor Gutenberg dengan mudah dan masih menggunakan editor WordPress klasik.

Metode 1. Nonaktifkan Gutenberg dengan Editor Plugin Klasik

Untuk metode ini, kita akan menggunakan plugin Editor Klasik yang dikembangkan dan dikelola oleh kontributor inti WordPress.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Classic Editor. Add-on berfungsi di luar kotak, dan itu akan menonaktifkan editor Gutenberg setelah aktivasi.

Plugin ini juga memberi Anda opsi untuk tetap menggunakan Gutenberg dan editor Klasik secara bersamaan. Anda dapat mengkonfigurasi ini dalam pengaturan plugin.

Cukup buka halaman Settings > Writing di area admin WordPress Anda. Anda akan melihat opsi untuk melakukan ini di bawah “Classic editor settings”.

Jangan lupa klik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda. Anda sekarang dapat melihat tautan baru di bawah menu “Posts” untuk membuat posting baru menggunakan editor klasik.

Anda juga dapat mengedit artikel lama menggunakan editor klasik. Cukup buka halaman Posts > All Posts dan Anda akan melihat tautan ‘Edit (Klasik)’ di bawah pos.

Metode 2. Gunakan Editor Klasik dengan Plugin Disable Gutenberg

disable-gutenberg

Jika Anda ingin menonaktifkan Gutenberg untuk user roles dan post types tertentu, maka metode ini akan membantu Anda melakukannya.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Disable Gutenberg. Setelah mengaktifkan plugin tersebut, Anda harus mengunjungi Settings > Disable Gutenberg untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.

Secara bawaan, plugin akan menonaktifkan Gutenberg di mana-mana untuk semua pengguna di situs web Anda. Namun, jika Anda ingin membatasinya untuk user roles dan post type tertentu, maka Anda harus menghapus centang pada opsi “Complete Disable”.

Hapus centang itu akan menampilkan lebih banyak opsi untuk menonaktifkan Gutenberg secara selektif untuk user roles, post type, themes templates, atau posts.

Opsi ini bermanfaat jika Anda menggunakan plugin WordPress yang tidak kompatibel dengan Gutenberg, tetapi Anda ingin menggunakan Gutenberg untuk area lain di situs Anda.

Jika itu masalahnya, maka pengaturan ini bisa sangat membantu Anda. Jangan lupa mengklik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Akhir kata, itulah beberapa langkah-langkah atau cara menonaktifkan Gutenberg WordPress yang dapat Anda peraktekan serta pengertian Gutenberg dan WordPress. Semuga dengan adanya artikel diatas dapat membantu Anda yang ingin menonaktifkan menonaktifkan Gutenberg.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *