cara_optimasi_gambar_wordpress

4 Cara Optimasi Gambar di WordPress

Posted on

Cara optimasi gambar di wordpress merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui dan dilakukan oleh para narablog. Pasalnya, bukan hanya konten tulisan saja, gambar pun juga bisa menjadi faktor penentu bagaimana pengalaman pengunjung saat mengunjungi website kita. Apakah dia merasa nyaman, betah, atau justru tidak nyaman dan berpindah haluan berkunjung ke website lain yang sejenis.

Logikanya, semakin cepat sebuah website diakses, maka visitor pun akan semakin lama bertahan. Sementara itu, survei membuktikan bahwa lebih dari 75% visitor lebih memilih untuk meninggalkan website yang lambat, daripada harus menunggu sampai website termuat sepenuhnya. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya suatu website, gambar menjadi salah satu penyebabnya

Gambar bisa menjadikan situs menjadi lambat diakses, namun bisa juga membuat web menjadi sangat cepat diakses. Semua itu tergantung bagaimana ukuran dan resolusi dari gambar itu sendiri. Bahkan sejak Juli 2019, google telah menyatakan bahwa kecepatan laman menjadi salah satu faktor penentu pemeringkatan sebuah situs di mesin pencari. Jadi, tidak seharusnya anda mengabaikan gambar yang begitu berpengaruh pada pengalaman pengunjung dan juga pemeringkatan website di mesin di mesin pencari.

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Sekarang pertanyaannya bagaimanakah kita bisa melakukan optimasi terhadap gambar yang kita upload pada website? Apakah cukup dengan menguploadnya saja? Ataukah juga harus melakukan hal-hal yang lainnya? Melalui artikel ini saya akan membagikan sedikit tips kepada anda bagaimana cara optimasi gambar di WordPress yang benar dan juga efektif. Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini :

  1. Pemilihan Format Gambar yang Tepat dan Efektif

Sejatinya anda boleh-boleh saja menggunakan format gambar apa saja untuk dipasang pada situs wordpress yang anda miliki. Akan tetapi, sangat direkomendasikan untuk memasang gambar dengan 2 format yang sudah umum yaitu “jpeg dan PNG”. Jpeg digunakan jika anda memasang gambar hasil jepretan kamera sendiri, sedangkan format PNG cocok dipakai untuk gambar vektor, logo, screenshot, dan gambar-gambar yang lebih kecil.

  1. Mengompres Gambar

Cara mengoptimalkan gambar di wordpress selanjutnya bisa anda lakukan dengan cara memperkecil ukuran atau yang juga dikenal sebagai “compress image“. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan kualitas kompres yang tinggi dengan ukuran gambar sekecil mungkin. Setiap perangkat baik itu PC/laptop maupun smartphone semua bisa alat kompresinya masing-masing. Pada PC anda bisa menggunakan Adobe Photoshop, Gimp, Affinity Photo, dan Paint.

kompres_gambar

Sedangkan bila anda memasang gambar melalui smartphone, bisa mengompress terlebih dahulu menggunakan beberapa tools berikut ini : TinyPG, ImageOptim, OptiPNG, Trimage, Compresspng, compressjpeg dan Kraken. Selain dari itu, dari dalam pun anda tetap bisa melakukan optimasi gambar menggunakan salah satu plugin kompres gambar terbaik wordpress yang bisa diinstal dan diaktifkan. Beberapa plugin  yang bisa anda gunakan diantaranya yaitu shortpixel, imagify, WP smush, EWWW image optimizer, kraken.io, hammy dan masih banyak lagi.

  1. Resolusi Harus Tepat

Cara optimasi gambar untuk web wordpress selanjutnya adalah dengan mengatur gambar dalam resolusi yang tepat. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan tentang hal ini. Dengan memperbaiki dimensi gambar maka melakukan optimasi menjadi lebih mudah. Dan juga sejatinya anda tidak perlu memakai resolusi yang terlalu besar untuk 1 buah gambar. Sebagai contoh, Anda hanya membutuhkan gambar dengan resolusi 300 X 300, tetapi Anda justru mengunggah gambar dengan dimensi 3000 X 3000. Terang saja, hal ini bisa membuat pemuatan gambar menjadi lebih lama.

Jika resolusi gambar dirasa terlalu besar, anda bisa memotong atau crop gambar tersebut menggunakan aplikasi edit gambar.  Atau anda bisa memotongnya langsung menggunakan tools yang tersedia di wordpress. Namun alangkah lebih baik jika diedit terlebih dahulu sebelum diupload ke dashboard.

  1. Optimasi Gambar Agar SEO Friendly

Cara Optimasi gambar di WordPress tidak bisa melepaskan begitu saja aspek SEO atau Search Engine Optimization. Bukan hanya tulisan saja, google pun juga mengcrawl gambar yang ada dalam postingan. Dan pada akhirnya gambar tersebut bisa muncul di search engine apabila konten tersebut sudah terindeks. Optimasi gambar tentu saja bisa membantu laman dan gambar yang kamu unggah mendapatkan ranking lebih bagus di hasil pencarian. Bagaimana caranya?

Optimasi SEO untuk gambar bisa dilakukan dengan beberapa hal, yakni title txt, alt txt, dan juga nama file. Apa perbedaan diantara ketiga optimasi tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya :

alt text penting

  • Image Title Text

Sebenernya image Title Text pengaruhnya tidak terlalu besar, akan tetapi mampu meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung. Image Title Text ini muncul saat pengunjung mengarahkan kursornya ke arah gambar. Cara mengubah title text pada gambar sangatlah mudah, klik gambar yang sudah Anda unggah di postingan lalu akan muncul ikon pensil yang harus anda klik agar bisa mengedit keterangan dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya, di bagian “advance option”, anda dapat mengubah image title text pada kolom image title atribute.

  • Alt Txt

Inilah yang menjadi optimasi paling penting dari sisi SEO gambar. Alt Text atau yang juga disebut alternative text merupakan indikator kepada Google tentang gambar tersebut. Apabila ada lebih dari 1 gambar pada postingan, untuk gambar pertama sebaiknya harus mengandung fokus keyword yang anda targetkan. Sementara itu gambar-gambar selanjutnya, anda bisa mengisinya dengan LSI keyword atau kata kunci lainnya yang relevan.

Cara mengubah alt text pada gambar juga tidak terlalu sulit, silakan klik ikon pensil pada gambar hingga muncul image details. Selanjutnya, masukan fokus keyword atau kata kunci tertarget di kolom alternative text. Jika sudah terindeks, maka gambar dalam postingan tersebut pasti muncul di google.

  • Nama File Gambar

Pada kenyataannya, banyak dari para narablog yang tidak terlalu memperdulikan tentang hal ini. Mereka beranggapan bahwa nama file gambar tak begitu berpengaruh untuk optimasi SEO image atau gambar. Padahal anggapan tersebut sangatlah tidak tepat. Anda tidak bisa mengabaikan begitu saja mengenai penamaan file gambar ini. Jadi, sebelum anda menggugah gambar tersebut ke dashboard wordpress, silakan ubah nama file terlebih dahulu dengan nama yang mengandung keyword atau kata kunci tertarget.

Jika terdiri dari lebih 1 kata, jangan lupa beri tanda penghubung antar kata di nama file tersebut.  Hal ini bertujuan agar google menganggapnya sebagai spasi. Berbeda halnya apabila anda tidak menggunakan spasi untuk nama file tersebut maka google pun juga tak menganggap ada spasi dalam tulisan nama file tersebut.

Penutup

Paling tidak ada 2 benefit yang bisa anda dapatkan apabila melakukan optimasi seperti apa yang sudah saya jelaskan di atas. Manfaat pertama, loading situs menjadi jauh lebih cepat sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung situs anda. Selain itu optimasi gambar pada situs wordpress ataupun untuk platform lainnya juga sangat membantu agar gambar yang sudah ditampilkan pada postingan menjadi cepat terindeks oleh google.

Demikian artikel mengenai cara optimasi gambar di WordPress. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *