cara-submit-url

Cara Submit URL di Google Search Console

Posted on

Banyak dari para blogger pemula yang bertanya, bagaimana cara submit url di google search console itu? Dan hal ini terus menerus ditanyakan sekalipun sebenarnya sudah banyak yang menjelaskan tentang hal ini. Tetapi kamu tak perlu bingung, karena melalui artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara submit url di webmaster terbaru. Hal ini dilakukan guna mempercepat artikel yang telah kamu buat bisa cepat terindeks di mesin pencari google.

Ini bukanlah tips agar artikel kamu berada di peringkat pertama mesin pencari. Tetapi, hanya sekadar membantu supaya konten yang sudah kamu buat bisa terindeks oleh google. Untuk melakukannya, sebenarnya sangat mudah sekali dan hanya dilakukan dalam beberapa langkah. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang cara submit url, ada beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui untuk mempermudah artikel maupun blog yang kamu miliki bisa terindeks oleh mesin pencari, terutama google. Apa saja itu? Yuk disimak penjelasannya di bawah ini

Syarat Agar Artikel Cepat Terindeks Google

1. Template yang SEO Friendly

Template menjadi salah satu faktor penentu yang membuat apakah situs  yang kamu miliki bisa cepat terindeks oleh google ataukah tidak. Akan lebih baik jika kamu menggunakan template premium, karena author pasti telah mengoptimalkan meta tag di dalam template tersebut menjadi SEO friendly. Selain itu, sebagai penulis jangan lupa juga untuk memperhatikan 2 berikut ini :

  • Meta tag descriptions (<meta name=”description” content=”isi denngan Deskripsi blog.”>)
  • Meta tag keyword (<meta name=”keyword” content=”kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3”>)
  • Meta tag hreflang (<link rel=”alternate” hreflang=”x-default” expr:href=”data:blog.url”/>)

Setting keduanya terlebih dahulu sebelum kamu melakukan submit url google indexing. Selain itu, kamu bisa mengecek skor SEO di beberapa situs seperti smallseotools, seositecheckup, moz, ahrefs, ubbersugest, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, pastikan kamu juga mengecek setiap struktur yang ada pada template tersebut apakah ada yang error ataukah tidak. Kamu bisa memeriksanya di struktur data testing tools.

2. Artikel Lebih dari 300 Kata

Sebenarnya tidak ada aturan yang menyebutkan seberapa banyak kata yang bisa ditulis dalam sebuah artikel blog atau website. Namun alangkah baiknya jika kamu membuat konten dengan jumlah kata di atas 300. Ini sudah sangat standar dan bisa membuat artikel cepat terindeks oleh google. Jika template sudah siap dan sudah ada beberapa artikel, mari ketahui syarat yang ketiga.

3. Daftarkan Blog di Google Search Console

Google Search Console atau Webmaster Tools merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para pemilik situs baik untuk pengguna blogspot maupun wordpress. Fungsi dari layanan yang satu ini adalah untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web atau situs yang telah didaftarkan.

Untuk bisa menggunakan layanan gratis milik google yang satu ini, kamu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Dan yang pasti harus memiliki Gmail terlebih dahulu. Untuk menggunakan layanan google webmaster tools atau google search console, silakan kamu ikuti petunjuk cara mendaftar google search console berikut ini :

Cara Mendaftarkan Website ke Webmaster Tools

Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, untuk bisa membuat akun di google search console, terlebih dahulu pengguna harus mempunyai Gmail terlebih dahulu. Karena sebelumnya kamu sudah mempunyai blog, maka secara otomatis pasti sudah memiliki email. Jadi, kamu tidak perlu membuat email baru lagi. Selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Silakan buka situs google webmaster tools (link : https://search.google.com/search-console/about?hl=in&utm_source=wmx&utm_medium=wmx-welcome)
  • Klik “mulai sekarang”
  • Selanjutnya, login menggunakan alamat email yang kamu miliki.
  • Setelah itu, kamu sudah masuk di halaman google search console versi terbaru. Di sana, kamu diharuskan untuk menambahkan properti yang merupakan url blog yang kamu miliki. Ada 2 pilihan properti, yaitu domain dan awalan url. Kamu bisa pilih salah satunya. Tetapi supaya lebih mudah verifikasinya, maka saya sarankan untuk memilih yang “awalan url”.
  • Masukkan url situs yang kamu miliki, contoh : https ://domain.com lalu klik “terus”
  • Langkah berikutnya, kamu bakal mendapatkan kode verifikasi. silakan silakan taruh kode tersebut di bawah kode <head> pada html template.
  • Terakhir klik verifikasi di webmaster tools dan secara otomatis kini kamu sudah memiliki properti di google search console.

Cara Submit Url di Webmaster Tools Versi Terbaru

Submit URL sejatinya bisa dilakukan menggunakan google webmaster tools versi lama maupun versi yang baru. Keduanya memiliki cara yang tidak sama. Namun disarankan, agar kamu memakai cara yang versi terbaru saja. Alasannya lebih mudah untuk dilakukan. Selengkapnya mengenai tutorialnya, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama, silakan silakan buka akun google search console yang kamu miliki dengan mengklik tautan https://search.google.com/search-console/.
  • Berikutnya pilih properti yang sebelumnya telah kamu buat
  • Pilih inspeksi url dan masukkan url postingan pada kotak yang sudah disediakan
  • Setelah itu, bakal muncul tulisan “URL tidak ada di google“. Hal ini memang menandakan bahwa postingan anda masih belum terindeks oleh. Supaya terindeks, silakan klik “minta pengindeksan”
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Dan jangan tutup webmaster terlebih dahulu, karena masih ada proses yang lainnya.

Cara Submit Sitemap

Apakah cukup sampai di situ? Tentu saja tidak. Untuk mempercepat pengindeksan artikel di search engine, kamu juga disarankan untuk melakukan submit sitemap atau peta situs. Sitemap sendiri merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh para webmaster guna mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan adanya peta situs ini membuat mesin pencari google lebih mudah merayapi setiap halaman-halaman yang ada pada situs anda. Nah, bagaimana sih cara submit sitemap di google search console itu?

  • Kembali lagi ke webmaster tools, sekarang kamu pilih peta situs.
  • Langkah berikutnya, silakan masukkan url sitemap dengan format (urlblog/sitemap.xml). Sebagai contoh (https ://domain.com/sitemap.xml) (tanpa tanda kurung buka dan kurung tutup)
  • Klik “kirim” dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Untuk memastikannya lagi kamu bisa mengecek di search engine apakah artikel yang dibuat telah terindeks oleh google ataukah belum, yaitu dengan membuktikannya dengan url postingan. Bagaimana caranya?

  • Pertama, buka terlebih dahulu google.com atau google.co.id
  • Di kotak pencarian, masukkan url postingan yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Setelah itu, klik enter dan lihatlah yang terjadi. Jika ada judul artikel kamu di sana, maka selamat konten tersebut telah terindeks oleh google.

Kecuali jika ada update algoritma, seharusnya sebuah artikel bisa terindeks dengan cepat bahkan kurang dari 24 jam. Apalagi jika artikel yang kamu buat mempunyai kualitas yang bagus maka sangat memungkinkan konten tersebut bisa terindeks lebih cepat. Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara submit url di google search console, semoga bermanfaat terutama untuk para blogger dimanapun berada. Sekian, dan terima kasih.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *