google com vs google co.id

Google.com dan Google.co.id, Mana yang Harus Dioptimasi?

Posted on

Banyak publisher yang menggunakan dukungan pengaturan SEO dengan metode berbeda. Apalagi Google memang menjadi tola ukur dari banyak publisher untuk mendapatkan keuntungan melalui adsense. Namun, optimasi SEO melalui penggunaan Google juga harus diperhitungkan. Hal ini biasanya disesuaikan dengan target khalayak atau audiens dari blog anda. Biasanya pertimbangan ini akan melibatkan demografi termasuk dengan bahasa yang digunakan dari konten untuk blog anda.

Perhitungan dari penggunaan bahasa dalam konten juga akan memberikan pengaruh yang besar. Misalnya saja penggunaan konten dengan bahasa Inggris akan membuat anda akan mendapatkan jumlah adsense yang lebih besar. Namun, kompetisi pada konten itu juga sangat luas karena dihitung dari publisher di seluruh dunia. Tentu saja ini berlaku juga untuk penggunaan konten dengan bahasa Indonesia. Kondisi seperti ini membuat anda harus memperhitungkan optimasi mesin pencari Google. Penggunaan dari domain Google.com dengan Google.co.id tentu saja berbeda. Dampak dari konten juga akan berpengaruh pada ranking atau posisi di masing-masing domain untuk mesin pencari itu.

Pengaruh optimasi pada Google.com dan Google.co.id

Masing-masing dari domain yang digunakan untuk Google memang akan disesuaikan dengan lokasi atau demografi pengguna. Selain itu, pengaturan dari perangkat untuk mengakses mesin pencari itu juga akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Misalnya saja lokasi dari akses yang digunakan untuk Google akan menentukan domain akhir. Bila anda mengakses Google dari lokasi Indonesia maka domain yang muncul juga akan menggunakan Google.co.id. Selain itu, bila anda melakukan perubahan pengaturan pada perangkat yang digunakan juga akan membuat domain dari mesin pencari berubah. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi para publisher untuk menentukan optimasi yang ideal. Ada beberapa pengaruh optimasi yang memang akan digunakan untuk domain mesin pencari itu, seperti:

  1. Posisi di mesin pencari

Optimasi yang akan anda lakukan akan mempengaruhi posisi blog yang ada di Google.com dan Google.co.id. Masing-masing dari sistem yang diterapkan pada kedua domain untuk mesin pencari ini membuat posisi blog berbeda. Misalnya saja bila konten anda lebih banyak dicari menggunakan Google.co.id biasanya akan memiliki posisi yang lebih baik dibandingkan dengan Google.com. Hal ini juga akan dipengaruhi dari domain mesin pencari yang digunakan oleh para pengguna.

  1. Jumlah trafik organik

Tentu saja pengaruh optimasi yang anda lakukan untuk domain mesin pencari yang berbeda akan memberikan jumlah trafik yang berbeda. Bila anda fokus untuk menggunakan metode optimasi yang diterapkan untuk mesin pencari khusus Indonesia dari Google.co.id tentu saja akan lebih banyak mendapatkan trafik dari Indonesia. Namun, bila anda menggunakan optimasi secara global melalui Google.com biasanya jumlah peningkatan dari pencarian global akan meningkat signifikan.

  1. Ranking website atau blog

Setiap blog yang masuk dalam indeks Google tentu saja akan memiliki ranking. Biasanya posisi atau ranking ini bisa anda dapatkan melalui perhitungan Alexa. Posisi ini juga akan menentukan reputasi hingga review dari Google sendiri. Bila anda menggunakan optimasi untuk Google.co.id tentu saja posisi blog untuk pengaturan dari negara Indonesia akan lebih baik. Hal ini juga akan selalu menjadi perhitungan terhadap kepercayaan informasi yang diberikan melalui blog atau web anda.

  1. Jumlah pendapatan adsense

Anda harus tahu bahwa metode optimasi yang dilakukan untuk Google.com dan Google.co.id juga akan memberikan dampak pada jumlah pendapatan adsense. Biasanya ini juga akan berkaitan dengan analisis yang anda dapatkan melalui Google Analytic.

Cara mudah optimasi untuk mendapatkan posisi terbaik

optimasi search engine

Sistem berbeda yang diterapkan dari pengaturan pada domain untuk mesin pencari itu harus menjadi pertimbangan bagi anda. Apalagi hal ini juga akan bergantung dari metode optimasi yang dilakukan. Anda harus menentukan optimasi yang ideal sesuai dengan kebutuhan dari blog atau web. Masing-masing dari metode itu akan memberikan pengaruh yang berbeda. Berikut ini ada beberapa pilihan cara mudah dari metode optimasi yang ideal untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari seperti:

  1. Memastikan demografi target khalayak

Ini adalah salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk menerapkan optimasi berbeda pada Google.com dan Google.co.id. Pemilihan demografi target khalayak juga harus dilakukan secara rinci. Misalnya saja bila blog anda memiliki konten dengan bahasa Indonesia sebaiknya lebih memperhitungkan optimasi dengan menggunakan Google.co.id. Namun, bila konten blog anda berisi bahasa Inggris mungkin bisa mencoba untuk menerapkan optimasi melalui Google.com.

  1. Menentukan konten yang ideal

Masing-masing dari mesin pencari dengan domain yang berbeda itu akan melibatkan konten yang berbeda. Tentu saja konten yang biasanya terindeks dengan baik dari Google.co.id akan berisi dengan bahasa Indonesia. Hal ini harus anda pertimbangkan untuk memaksimalkan posisi konten di mesin pencari. Optimasi dengan Google.com memang lebih ideal melalui konten dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Penerapan dari optimasi melalui konten itu akan memberikan dampak yang berbeda.

  1. Menggunakan optimasi seo on-page

Optimasi yang anda lakukan juga akan membutuhkan dukungan SEO on-page. Cara seperti ini dilakukan dengan menggunakan kata kunci dengan kompetisi yang tidak terlalu sulit. Selain itu, konten yang anda gunakan juga harus memiliki kualitas terbaik. Pengaturan algoritma yang digunakan pada mesin pencari untuk Google.com dan Google.co.id tentu saja akan mendapatkan pembaruan. Hal ini harus anda pertimbangkan dengan sangat baik sehingga memberikan hasil yang diinginkan.

  1. Dukungan optimasi seo off-page

Cobalah gunakan tambahan dukungan melalui optimasi seo off-page. Biasanya cara seperti ini dilakukan dengan menyuntikkan backlink berkualitas. Bila anda memiliki blog dengan konten bahasa Indonesia sebaiknya gunakan backlink yang berasal dari Indonesia. Ini akan memberikan pengaruh terhadap posisi atau ranking page di Google.co.id.

Konten tetap menjadi pilihan utama

Banyak publisher menjadikan konten sebagai pengaruh yang ideal terhadap optimasi yang dibutuhkan. Apalagi mesin pencari dengan domain yang berbeda juga akan menerapkan penyesuaian terhadap konten yang ada di blog. Kualitas konten juga dianggap membantu posisi dari blog di mesin pencari. Semakin baik kualitas konten itu maka hal ini akan memberikan dampak yang sangat besar. Berikut ini optimasi konten yang ideal untuk Google.com dan Google.co.id, seperti:

  1. Isi konten yang berkualitas

Konten yang digunakan untuk blog atau web anda harus memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini juga bisa diterapkan dengan menghindari plagiat dari setiap bagian konten. Bahkan, konsep dari konten artikel yang anda gunakan mungkin bisa mencoba dengan metode story telling. Cara ini juga memudahkan blog atau web itu mendapatkan pengunjung yang membaca artikel dengan waktu yang cukup lama.

  1. Penggunaan kata kunci yang tidak berlebihan

Kata kunci dari setiap konten yang digunakan juga memberikan pengaruh pada optimasi. Apalagi bila konten artikel anda menggunakan kata kunci dengan kompetisi yang tidak terlalu sulit maka akan semakin mudah masuk dalam posisi teratas di Google.co.id atau Google.com.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *