web-server

Mengetahui Apa itu Web Server dan Fungsinya

Posted on

Apa Itu Web Server ? Berbicara mengenai website, tentunya tidak dapat dipisahkan dengan yang istilah web server. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan 2 hal yang tak dapat dipisahkan. Nah maka dari itu, supaya anda menjadi tau pada artikel ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian web server, fungsi dan juga cara kerjanya. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini :

Apa Itu Web Server ?

Setiap pemilik atau  pengelola website tentu saja sangat membutuhkan yang namanya web server.  Terutama bagi mereka yang memiliki website dengan trafik tinggi. Hal ini bukanlah tanpa alasan, mengingat web yang berkapasitas serta trafik yang besar dapat mencegah terjadinya down pada website tersebut. Web server sendiri diartikan sebagai suatu software dalam server yang berguna  untuk menerima request dari client atau browser berupa halaman website melalui protokol HTTP atau HTTPS kemudian merespon permintaan tersebut dalam bentuk halaman web berupa dokumen HTML ataupun PHP.

Ada 2 unsur web server, pertama adalah komputer yang kedua adalah software yang digunakan. Web server dapat berkomunikasi dengan menggunakan Protocol HTTP atau yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol) dan juga HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure.  Dengan protokol tersebut, komunikasi server dan klien menjadi jauh lebih cepat dan dapat saling terhubung satu sama lain dengan begitu mudah

Web server terdiri dari dua elemen yaitu komputer dan perangkat lunak/software server web yang digunakan. Web server dapat berkomunikasi dengan client yaitu menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Dengan protokol HTTP dan HTTPS maka komunikasi antar server dan client dapat saling terhubung serta dapat dimengerti dengan mudah.

Pengertian Web Server Menurut Para Pakar

Anda sudah mengetahui definisi web server secara garis besar, guna menambah pengetahuan dan pemahaman anda berikut saya juga sampaikan informasi mengenai pengertian web server menurut ahli yakni sebagai berikut :

  1. Nugroho

Apa itu web server menurut Nugroho? Menurut pandangan beliau, web server merupakan bentuk server yang dipergunakan khusus untuk menyimpan halaman website. Komputer bisa dikatakan web server bilamana mempunyai program server yang disebut dengan Personal Web Service. Program server tersebut berguna supaya halaman web yang terdapat pada komputer server dapat dipanggil oleh komputer klien.

  1. Khairil

Menurut Khairil, arti dari web server adalah suatu perangkat lunak yang menjadi tulang punggung atau tulang belakang bagi word wide web. Khairil juga menambahkan bahwa   web server akan menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser, memproses permintaan tersebut, dan menampilkannya dalam browser sebagai pemrosesan data yang telah dilakukan.

  1. Solichin

Menurut beliau, web server diartikan perangkat lunak yang terinstall pada komputer server dan berfungsi untuk menerima permintaan serta meminta halaman website melalui HTTP maupun HTTPS  dari user atau klien dan dilanjutkan dengan mengirimkannya kembali bdalM bentuk halaman web berdokumen HTML.

  1. Kurniawan (2008)

Menurut Kurniawan, web server merupakan sebuah software server yang memilki kegunaan untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari web browser dan mengirimkannya kembali hasolmua dalam halaman web berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Web Server

Setelah membahas tentang definisinya, selanjutnya anda juga harus mengetahui mengenai fungsi dari web server itu sendiri. Apa saja sih kegunaan dari web peladen ini? Simak penjelasannya berikut ini :

Adapun fungsi utama dari sebuah web server adalah untuk mengirim berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta bisa berupa teks, gambar, video, file ataupun yang lainnya. Selain fungsi utama tersebut, ada beberapa fungsi lainnya dari web server yaitu sebagai berikut :

  • Memastikan semua modul yang dibutuhkan tersedia dan siap untuk digunakan
  • Membersihkan cache, penyimpanan dan module yang tidak digunakan
  • Melakukan pemeriksaan keamanan atau security terhadap HTTP request yang dikirimkan browser.

Jenis Web Server

jenis-web-server

Paling tidak ada sekitar 4 web server yang banyak digunakan, yaitu apache, web server litespeed, web server nginx, dan web server microsoft IIS. Masing-masing memiliki kelebihan dan fiturnya sendiri-sendiri. Seperti apa perbedaan diantara keempat jenis tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Apache

Server yang satu ini lebih mudah untuk anda install jika dibandingkan dengan server-server yang lainnya. Bukan sekadar itu saja, Apache juga mampu beroperasi di berbagai  platform sistem operasi. Hal ini membuat banyak orang bisa menggunakannya. Luar biasa bukan?

  • Web Server Litespeed

Dan yang kedua ini juga tak kalah dengan web server Apache yang sebelumnya sudah saya singgung. Bukan hanya memiliki fitur anti DDOS saja, litespeed juga diklaim mampu meningkatkan performa PHP hingga mencapai 50%. Bahkan melebihi 6 kali lipat dibandingkan dengan performa Apache. Selain daripada itu, menggunaka web server yang satu ini juga dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya seperti sistem pencegahan overloading yang baik, compatible dengan Apache .htaccess, dan masih banyak lagi benefit lainnya apabila kamu menggunakannya.

  • Web Server Nginx

Server ini juga memiliki banyak sekali keuntungan seperti web server yang lainnya. Diantaranya dapstvmemberikan konten yang statis pada penggunaan daya yang lebih efisien dari system. Selain itu, server nginx juga didukung oleh beberapa fitur seperti Server-side includes, Custom logging, URL rewriting, Ability to handle more than 10000 simultaneous connections, auto-indexing, MP4 streaming, Handling of static files, index files, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Web Server Microsoft IIS

Web server yang satu ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan diantaranya yaitu FTP, NNTP, Ghoper, dan pengelola web. Selain itu Microsoft IIS juga memiliki sistem diagnotistik yang bermanfaat untuk melakukan pengecekan terhadap kesalahan. Dan yang pasti juga, kompatibel dengan Windows pasalnya IIS juga dirilis oleh Microsoft.

Cara Kerja Web Server

cara kerja web server

Secara sederhana, cara kerja sebuah web server sudah sedikit disinggung pada bagian definisi yakni menerima permintaan dari client dan mengirimkannya kembali berkas yang diminta oleh client. Yang dimaksud web client di sini adalah pengguna internet yang memakai browser guna terhubung dengan web server melalui jaringan internet. Sementara itu, yang dimaksud web server adalah software yang melayani permintaan dari web client.

Jika browser melakukan permintaan data halaman website kepada server, maka request tersebut dikemas oleh browser di dalam TCP atau yang disebut juga dengan Transmission Control Protocol. Selanjutnya permintaan tersebut dikirimkan ke alamat protokol HTTPS ataupun HTTP. Data akan dicari oleh web server di dalam sebuah komputer server. Apabila ditemukan maka data akan dikemas dalam dalam TCP lalu dikirim dan ditampilkan ke browser. Namun apabila tidak ditemukan maka browser akan menampilkan halaman Error 404 atau page not found.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu web server, jenis-jenis, fungsi, dan juga cara kerjanya. Dengan mengetahui dan memahami tentang materi ini, insyaallah bisa membantu anda untuk dapat membuat dan membangun website yang jauh lebih baik dan profesional. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *