pengertian ddos

Pengertian DDOS dan Cara Mengatasinya

Posted on

Banyak dari pengguna wordpress self hosting yang bertanya mengenai pengertian DDOS dan cara mengatasinya. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat website yang berplatform WordPress menjadi salah satu yang mudah diserang oleh gangguan tersebut apabila tidak didukung dengan sistem keamanan yang kuat. Namun tak sedikit juga dari pengguna yang sesungguhnya belum terlalu memahami tentang definisi dari DDOS, cara kerjanya, termasuk penanggulangannya

Maka dari itu, guna memberikan edukasi kepada anda semua mengenai keamanan suatu website, saya akan membagikan informasi konten mengenai definisi DDOS dan cara mengatasinya hingga serangan tersebut tidak terjadi lagi ke depannya. Selengkapnya, anda bisa membacanya pada tulisan di bawah ini :

Pengertian DDOS

Apa itu DDOS? Jika kita bicara singkatan maka jawaban untuk hal tersebut adalah Distributed Denial of Service atau jika diartikan adalah Penolakan Layanan secara Terdistribusi. Sementara itu secara istilah DDOS merupakan serangan yang membuat komputer atau server tidak bisa bekerja dengan baik. Serangan ini dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server, sistem, atau jaringan.

DDOS membuat trafik terlalu tinggi hingga server tidak bisa menghandle requestnya.Jika hal tersebut terjadi pada website anda, maka jelas bisa membuat kerugian yang sangat besar. Bahkan menurut data yang pernah keluar, sekitar 33% bisnis di dunia sudah menjadi korban serangan DDoS. Dan yang lebih parah, DDoS attacks atau serangan DDoS dapat menimbulkan kerugian sebesar $40,000 per jamnya apalagi benar-benar terjadi.

Sungguh, fakta yang sangat mencengangkan. DDoS selalu identik dengan para hacker atau peretas yang selama ini selalu mendapatkan stigma negatifJika kita menarik ke belakang dan melihat sejarah, bahwa DDoS attack terbesar pernah terjadi pada tahun 2013 yang menyerang Spamhaus.

Serangan ini membuat Github tidak bisa diakses selama beberapa menit. Tak berhenti sampai disitu, serangan DDoS kembali terjadi ke cloudfare dengan kekuatan 33% lebih besar. Sungguh, suatu fenomena yang mencengangkan dan menimbulkan banyak sekali kerugian.

Jenis-jenis DDOS Attack

jenis ddos attack

DDoS terbagi atas beberapa jenis diantaranya UDP Flood, SYN Flood, Ping of Death, dan ICMP (Ping) Flood. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • UDP Flood

User Diagram Protocol adalah jaringan Protocol tanpa session. Jaringan ini dapay membanjiri port sebuah remote host secara acak. Hal seperti ini membuat, host server perlu melakukan pemeriksaan di port-port ini dan memberikan laporan balik. Proses ini sebenarnya bisa berdampak buruk yang menyebabkan website tidak bisa untuk diakses.

  • SYN Flood

Dalam serangan DDos SYN Flood, permintaan palsu dikirim dan server merespon dengan paket ACK guna menyelesaikan koneksi TCP namun sambungan diarahkan ke timeout, bukan menutupnya. Akibat dari hal tersebut, sumber daya server menjadi lelah dan membuatnya menjadi offline.

  • Ping Of Death

Untuk jenis DDOS yang satu ini, penyerang mengirimkan beberapa ping yang berbahaya ke komputer. Selain itu penyerang juga memberikan paket yang salah sehingga penolakan layanan untuk paket yang sah. Dan jelas hal seperti ini merupakan sesuatu yang sangat merugikan.

  • ICMP (Ping) Flood

Pada serangan ini, resource target akan dibanjiri dengan request ICMP secara cepat tanpa menunggu respon dari pemiliknya terlebih dahulu . Jenis serangan seperti ini membuat semua bandwidth baik yang masuk maupun keluar semua terkena dampaknya. Bukan sekadar itu saja, serangan ICMP (Ping) Flood juga mengakibatkan kelambatan sistem pada server milik korban.

Cara Kerja DDOS

Adapun cara kerja DDOS adalah membanjiri lalu lintas jaringan dengan data yang terlampau menggunakan 3 konsep penggunaan yaitu

  • Request flooding (membanjiri jaringan banyak request)
  • Traffic Flooding (membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data)
  • Mengubah sistem konfigurasi dan merusak komponen dan server. (Tetapi cara ini terlalu sulit untuk dilakukan).

Bagaimana Cara Mengatasi/Menanggulangi DDOS Attack?

Saya sudah sedikit menjelaskan tentang pengertian DDOS Attack dan juga jenis-jenisnya. Namun yang tidak kalah penting juga dan sangat perlu untuk diketahui adalah mengenai penanggulan dari serangan DDOS itu sendiri. Lakukan beberapa hal berikut ini agar website anda lebih aman dan terbebas dari DDOS :

  1. Identifikasikan Terlebih Dahulu

Daripada harus menunggu DDOS terlalu menyerang bertubi-tubi, ada baiknya kamu melakukan identifikasi terlebih dahulu supaya DDOS bisa diketahui dengan begitu cepat. Adapun beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda website terkena serangan DDOS diantaranya sebagai berikut :

  • Lau lintas bandwidth yang begitu padat baik saat download maupun upload.
  • Load CPU menjadi sangat tinggi, padahal tidak terjadi.
  • Terjadi aktivitas yang mencurigakan pada server.
  1. Lindungi Website dan Server Anda

Cara mengatasi DDOS attack selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan perlindungan kepada website dan juga server yang anda gunakan. Anda bisa menggunakan beberapa layanan berikut ini untuk melindunginya :

  • CloudFare

Tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Jaringan yang satu ini sudah tersebar ke lebih dari 102 data centers dan mampu menghandle lebih dari 10 TBps serta bisa menghadang serangan model apapun. Bukan hanya itu saja, cloudfare juga menyediakan layanan darurat 24 jam yang bisa anda gunakan untuk melindungi web saat sedang terjadi serangan.

  • Akamai

Akamai mampu mengatasi serangan DDOS hingga 1.3 TBps. Layanan yang satu ini juga pernah mengatasi serangan yang sangat besar yakni mencapai 620 GBps dengan begitu cepat. Akamai memiliki fitur Kona DDoS Defender yang berguna untuk memberikan perlindungan DDOS dan langsung dibangun pada platform intelejen Akamai.

  • Dewaguard

Teruntuk anda pengguna layanan hosting Dewaweb, bisa menggunakan tools dewaguard yang dapat melindungi website anda dari serangan Malware maupun DDOS. Dan yang juga tak kalah menarik, Dewaguards juga memberikan backup secara rutin dan otomatis. Jadi, anda tak perlu khawatir karena data-data pada website tak mungkin bisa hilang.

  1. Mempertahankan Parameter Jaringan

Cara ketiga ini berguna untuk mengurangi sebagian pengaruh dari serangan. Beberapa hal berikut ini perlu anda lakukan guna mempertahankan parameter network :

  • Memperbesar bandwidth guna memberikan waktu agar sistem tidak sampai down. Namun jika serangannya sudah terlalu besar maka cara seperti ini mungkin tidak akan efektif.
  • Menghubungi ISP atau Hosting Provider, untuk melaporkan kejadian tersebut yang nantinya anda bisa meminta bantuan untuk mendeteksi serangan yang tengah terjadi.
  • Menghubungi Spesialis atau ahli DDOS untuk meminta bantuan supaya membantu untuk menangani serangan yang terjadi

Penutup

Jadi,  sejatinya tidak perlu khawatir apabila website anda memang mengalami seperti hal yang sudah disinggung di atas. Karena kejadian tersebut dapat ditanggulangi dengan beberapa cara di atas. Dan yang juga tak kalah penting, pencegahan juga perlu dilakukan agar serangan DDOS paling tidak bisa diminimalisir.

Salah satunya dimulai dengan memilih layanan hosting yang benar-benar resmi dan bukan abal-abal yang notabene memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik. Itulah sedikit informasi mengenai pengertian DDOS dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *