blogger-vs-wordpress

WordPress atau Blogger, Platform Paling Popular Buat Ngeblog dan Website

Posted on

WordPress atau Blogger menjadi variasi yang paling familiar dalam memilih Platform untuk ngeblog maupun website bisnis. Karena, ke dua tersebut sama-sama memiliki keunggulan tersendiri. Baik dalam segi fitur yang diberikan maupun berkaitan dengan kemudahan dalam penggunaannya. Pasalnya, memang sama-sama memiliki kekuatan brand. Maka, tidak jarang para Blogger maupun Cyberpreneur pemula yang mempertanyakan tentang lebih baik menggunakan Blogger atau WordPress sih ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda. So, kami pun telah menyajikan informasi seputar hal tersebut. Berhubungan dengan keunggulan dari penggunaan WordPress atau Blogger yang akan dibahas secara terperinci.

Mengenal Perbedaan dan Keunggulan WordPress.org dan WordPress.com

wordpressWordPress menyediakan dua platform yang berbeda untuk para User. WordPress.org dan WordPress.com menjadi pilihan yang dapat Anda gunakan. Meski sama-sama satu brand, namun ternyata memiliki kegunaan dan karakter yang berbeda. Ibarat satu atap namun beda perwatakan. Perbedaan yang paling mencolok dalam segi orientasi akun.

WordPress.com mengarah pada akun Hosted. Jadi, Hosting Anda ditautkan dengan WordPress. Jadi, belum menjadi kepunyaan secara penuh. Pertama Anda dapat mengaksesnya secara gratis. Namun meskipun begitu, wordpress juga menyediakan upgrade paket ke yang berbayar. Baik paket Personal, Premium, dan Bisnis. Sehingga, disediakan beragam fitur yang dapat menunjang performa website maupun optimasi tools. Namun di sampng itu, terdapat kekurangannya dalam segi pemasangan iklan. Untuk akun yang masih hosted, hanya bisa dipasang iklan Adwords. Tidak bisa dipasang akun Google Adsense maupun iklan lainnya. Selain itu, terkait harga upgrade berbayarnya juga terbilang butuh budget yang cukup besar. Namun, caranya yang termasuk instan dalam melakukan upgrade paket bisa lebih mudah dalam mengaplikasikannya.

Sedangkan, WordPress.org merupakan akun berbasis Self Hosted. Jadi, akun sudah sepenuhnya milik Anda dan terserah ingin digunakan untuk apapun. Pasalnya, jika dianalogikan ini seperti rumah Anda sendiri. Jadi, Anda tidak lagi dibatasi dengan peraturan lainnya. Kelebihan lain dari penggunaan ini juga masih beberapa macam yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahuinya, langsung cek di bawah ini.

1. Memiliki Hak Sepenuhnya

Menggunakan WordPress.org Anda dapat hak milik sepenuhnya. Karena, hosting adalah ruang bagi Anda menyimpan segala database website. Ibarat kata rumah Anda secara pribadi. Sehingga, sudah menjadi hak Anda secara penuh dalam menggunakannya. Tanpa ada campur tangan pihak lainnya.

2. Mempunyai Tingkat Popularitas yang Tinggi

WordPress disebut memiliki popularitas yang tertinggi. Berada di urutan terdepan sebagai CMS terpopular. Dengan presentase pasar sekitar 39%. Dibandingkan dengan Blogspot yang hanya  1% dari presentase pasar dan menduduki rangking ke 4. WordPress justru lebih unggul terkait familiar-nya.

3. Self Hosted

WordPress.org sudah menjadi akun yang self hosted. Sehingga, sudah tidak tertautkan dengan WordPress. Maka, Anda memiliki kepemilikan secara penuh.

4. Bisa Dipasang Segala Jenis Iklan

Karena ini sudah menjadi kepemilikan penuh untuk Anda. Maka, Anda dapat memasang jenis iklan. Tidak hanya Adword yang kepunyaan WordPress. Namun, Anda juga dapat memasang beragam brand iklan lainnya seperti Google Adsense, Adnow, Propeller Ads, dan lain sebagainya

5. Tampilan Template Lebih Profesional dan Cocok Untuk Bisnis

WordPress memiliki tampilan template yang lebih professional. Pasalnya, sudah didukung dengan penggunaan Landing Page dan beragam kelengkapan tools. Bagi Anda para Enterpreneur yang memiliki bisnis, dapat membuat kantor digital berbasis Company Profile di website yang disediakan WordPress.org. Dikarenakan, memiliki performa yang dapat diandalkan.

6. Fitur yang Lebih Lengkap

WordPress dikenal dengan beragam fiturnya yang lengkap. Oleh karena itu, WordPress Self Hosted sering dijadikan pilihan dalam membuat website untuk profile perusahaan.

7. Bisa Manageman Budged

Pembelian Hosting memiliki beragam paket yang bisa dijangkau berbagai kalangan. Pasalnya, disediakan yang terdapat batasan ruang maupun unlimited. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari yang di bawah 500 ribu hingga di atasnya. Sehingga, ini akan memudahkan Anda dalam manageman budget. Menyesuaikan kantong Anda dan kemampuan dalam membeli hosting.

8. Memiliki Kepekaan SEO yang Lebih Unggul

WordPress dikenal memiliki Plugin dan Tools Analitik. Sehingga, menjadikan platform ini cenderung peka pada SEO. Menjadikannya lebih mudah dideteksi mesin pencarian.

Pertimbangan Lain Bila Menggunakan Blogger

bloggerTidak ada salahnya juga bagi Anda yang ingin menggunakan Blogspot. Terutama, bagi para Cyberpreneur maupun Blogger pemula. Karena memiliki tools yang lebih simple. Sehingga, mudah digunakan dan human-friendly. Keunggulan lainnya, walaupun Anda menggunakan akun hosted platform ini tetap dapat menerima iklan dari manapun. Hanya saja yang menjadi pembeda terletak pada fungsi. Bila akun non hosted, bisa memasang iklan lebih dari satu ruang. Sedangkan, hosted hanya disediakan satu ruang saja dalam pemasangan iklan.  Terkait biaya pun terbilang lebih terjangkau. Namun, dalam menggunakan platform ini ada beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan.

1. Template Lebih Simple

Tampilan dari template Blogspot cenderung lebih simple. Sehingga, kurang cocok jika digunakan sebagai website bisnis atau Company Profile.

2. Template Cenderung Cocok Untuk Blogger atau Media Jurnalis

Model template yang disesuaikan pada situs cenderung cocok untuk dunia Blogger dan Media Jurnalis saja. Untuk profil perusahaan yang professional, kurang mendukung. Baik secara fitur, tools maupun tampilan.

3. Untuk Terdeteksi di Mesin Pencarian, Harus Mendaftar di Webmaster atau Google Console

Paltform ini mengharuskan link Anda didaftarkan pada Webmaster atau Google Console. Supaya dapat terdeteksi di Google.

4. Bisa Memasang Segala Jenis Iklan

Meskipun Anda tidak membeli self hosting, akun blogspot tetap dapat dipasang segala jenis iklan yang dipilih. Namun, hanya ada satu ruang untuk iklan.

5. Tampilan Tools Lebih Simple

Blogspot memiliki tampilan tools yang lebih simple. Sehingga, cocok digunakan untuk situs pribadi ataupun penyampai informasi seperti dunia jurnalisme.

6. Harus Memahami Bahasa Pemograman HTML

Dalam membuat tools, Anda diperlukan memahami bahasa pemograman dan sanggup mengolah HTML. Jadi, harus memiliki kejelian dan kesabaran dalam melakukan setting pada template HTML. Supaya, tidak mengalami kesalahan. Karena, jika ada salah akan mengganggu stabilitas situs Anda.

7. Tidak Memiliki Landing Page

Memang berbeda dengan WordPress, justru Blogspot tidak memiliki Landing Page. Sehingga, kurang recommended bila membuat Company Profile menggunakan Blogspot. Pasalnya, Anda akan dianggap kurang profesionalis. Serta, terbatasnya tools akan membuat kurang menunjang kebutuhan interaksi dengan para calon Customer.

8. Menduduki Rangking Ke 4

Popularitasnya menduduki posisi ke 4, dengan presentasi pasar 1% dalam hal CMS.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang  WordPress atau Blogger. Tentu keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masih-masing. Tentukan pilihan Anda sesuai kebutuhan dalam penggunaan website. Bagi yang ingin membuat Company Profile, disarankan membuat WordPress Self Hosting. Namun, jika digunakan untuk ngeblog santai bisa menggunakan Blogspot. Oke, sekian artikel dari kami dan terimakasih. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda.

 

Gravatar Image
Ngeblog untuk para kesatria Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *